Lima Cara Cegah Hadirnya Virus Corona Di Kabin Mobil

Lima Cara Cegah Hadirnya Virus Corona Di Kabin Mobil

Penyebaran virus corona masih terbilang tinggi di Indonesia. Hal tersebut perlu diantisipasi salah satunya dengan membersihkan kabin mobil. Apalagi saat libur Lebaran, mobil kerap dipakai berwara-wiri ke berbagai tujuan dan berpotensi sebagai sarana penyebaran virus.

Auto2000 memberi sederet tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kabin dan meminimalisir hadirnya virus corona. Berikut detailnya:

1. Cuci Mobil Hingga Bersih

Langkah awal adalah mencuci eksterior mobil termasuk kolong, ruang mesin, kabin, hingga bagasi hingga bersih. Kabin menjadi salah satu prioritas. Keluarkan seluruh karpet, cuci dengan sabun pembersih dan keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan bau tidak sedap.

2. Manfaatkan Penyedot Debu

Masuk ke dalam kabin mobil, gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin. Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan.

Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

3. Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Masuk ke langkah yang lebih spesifik yakni membersihkan panel pada kabin mobil menggunakan cairan pembersih khusus otomotif. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam.

Sesuaikan bahan pembersih yang dipakai dengan material kabin dan pelajari cara memakainya supaya tidak merusak panel interior.

4. Periksa Filter Kabin

Keberadaan filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran tersebut kerap terabaikan. Padahal filter kabin memiliki peran yang begitu penting yakni menyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC mobil dimana umumnya filter kabin berada di balik laci dashboard. Jangan disemprot angin bertekanan, filter kabin yang kotor harus diganti.

5. Semprotkan Cabin Disinfectant

Langkah terakhir adalah menyemprotkan cabin disinfectant ke dalam kabin mobil untuk membunuh bakteri di udara. Auto2000 menjual produk cabin disinfectant dengan keunggulan tidak mengandung benzene yang termasuk dalam Substance of Concerns (SoC) karena dapat membahayakan manusia serta telah dites oleh laboratorium IPB dan memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com