Temperatur Warna Cahaya Lampu Ideal di Musim Hujan

Temperatur Warna Cahaya Lampu Ideal di Musim Hujan

Mengendarai mobil saat kondisi hujan tentu berbeda dengan kondisi saat cuaca cerah. Lampu menjadi bagian vital pada mobil yang punya peran penting saat hujan. Untuk itu perlu ada perhatian khusus menggunakan lampu saat hujan.

Salah satu yang harus diperhatikan pada lampu saat hujan adalah temperatur warna cahaya atau biasa disebut Kelvin. Menurut Larsonelectronics Ketika mereferensikan suhu warna, Kelvin (K) mengacu pada kehangatan atau kesejukan sumber cahaya. Ini adalah unit pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan rona atau penampilan warna dari sumber cahaya tertentu seperti bola lampu

Dikatakan Autovision Expert, Joe, ada 'angka' idealnya untuk tempratur warna cahaya saat kondisi hujan.

"Bisa pakai 4300 K atau di bawahnya. Jangan pakai di atas 6000 K lah," ujarnya kepada wartawan, di Tangerang, Selasa (14/1).

Foto: Imam

 

Jika menggunakan Kelvin di atas 'angka' ideal itu kata Joe maka dampaknya pencahayaan mobil jadi kurang maksimal. Ia menyarankan saat berkendara dalam kondisi musim hujan untuk menggunakan lampu yang warnanya agak kuning. Dan batas idealnya seperti yang dijelaskan tadi, 4.300 K.

"Jadi kalau Kelvin di atas 6.000K atau 5.700 K itu kalau kena hujan justru mantul cahaya itu dari arah berlawanan, malah cahaya kurang kelihatan. Saat di jalan malah enak yang kuning (saat hujan), atau lebih enak yang lebih rendah Kelvin-nya, meski watt-nya sama Kelvin-nya lebih rendah. Itu untuk LED juga HID," jelas Joe.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com