Inilah Warna dan Temperatur Lampu Paling Ideal Berkendara Saat Hujan

Inilah Warna dan Temperatur Lampu Paling Ideal Berkendara Saat Hujan

Ketika mengemudikan mobil dalam kondisi hujan lebat, tentu akan berbeda dengan kondisi saat cuaca cerah. Selain jarak pandang yang lebih terbatas, Anda juga membutuhkan lampu sebagai perangkat keselamatan dalam kondisi tersebut. Nah, salah satu yang harus diperhatikan pada lampu saat hujan adalah temperatur warna cahaya atau biasa disebut Kelvin.

Seperti dikatakan Joe selaku Autovision Expert,  ada 'angka' idealnya untuk tempratur warna cahaya saat kondisi hujan. "Bisa pakai 4300 K atau di bawahnya. Jangan pakai di atas 6000 K lah," ujarnya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Jika menggunakan Kelvin di atas 'angka' ideal itu kata Joe maka dampaknya pencahayaan mobil jadi kurang maksimal. Ia menyarankan saat berkendara dalam kondisi musim hujan untuk menggunakan lampu yang warnanya agak kuning. Dan batas idealnya seperti yang dijelaskan tadi, 4.300 K.

"Jadi kalau Kelvin di atas 6.000K atau 5.700 K itu kalau kena hujan justru mantul cahaya itu dari arah berlawanan, malah cahaya kurang kelihatan. Saat di jalan malah enak yang kuning (saat hujan), atau lebih enak yang lebih rendah Kelvin-nya, meski watt-nya sama Kelvin-nya lebih rendah. Itu untuk LED juga HID," jelas Joe.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com