Hal yang Penting Dilakukan Pasca Mobil Terendam Banjir

Hal yang Penting Dilakukan Pasca Mobil Terendam Banjir

Banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek telah surut, namun masih meninggalkan banyak kerugian material. Salah satunya untuk masyarakat yang mobilnya terendam banjir. 

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemilik mobil pasca mobilnya terendam banjir. Yang paling penting seperti yang disampaikan  Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, adalah jangan menyalakan mobil sampai dipastikan kondisi bagian yang berhubugan dengan mesin dan kelistrikan sudah kering.

"Dorong saja seandainya perlu memindahkan posisinya. Periksa saluran intake udaraatau air cleaner. Kalau basah atau ada indikasi air masuk, bersihkan atau pastikan kering atau airnya sudah tidak ada. Periksa kabel-kabel atau komponen kelistrikan, keringkan atau pastikan kondisinya kering," ujarnya saat dihubungi OtoDriver.

 

Selanjutnya yang diperlu dilakukan juga, lepas sistem pengereman agar tidak lengket. Lalu lanjut ke bagian tangki bahan bakar, meski sistem bahan bakar pada dasarnya tertutup untuk cari aman lebih baik dipastikan tidak ada air yang masuk ke dalam tangki.

Begitu juga pada bagian sistem pelumas, kata Anjar pastikan pelumas tidak tercampur dengan air meski pada dasanya sistem pelumas juga tertutup. Dan jangan lupa bersihkan bagian dalam mobil.

"Begitu juga sistem pelumasan, pastikan oli tidak tercampur air, pada dasarnya sistemnya juga tertutup, tapi seandainya banjirnya besar atau tinggi pastikan tidak ada air masuk ke sistem lubrikasi. Bersihkan interior, karpet-karpet dan keringkan," pungkasnya.
 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com