5 Cara Mobil Tetap Prima Saat PSBB

5 Cara Mobil Tetap Prima Saat PSBB

Saat ini kita sedang mengikuti anjuran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga membuat kita harus tetap di rumah sampai penyebaran virus berakhir.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, tentu Anda jadi jarang mengemudikan mobil kesayangan. Malahan banyak yang hanya membuatnya terdiam di garasi rumah saja.

Nah, meskipun Anda sedang melakukan karantina di rumah. Ternyata ada beberapa cara untuk membuat mobil Anda tetap prima. Cara ini pun bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

 

1. Mencuci mobil setiap 2-3 hari sekali. Selain menjadikan mobil tetap terlihat bersih, juga membuat kita lebih peduli kepada bagian dan komponen jika ada yang rusak dan perlu perawatan lebih lanjut.

Jika memiliki vacuum cleaner, bersihkan interior mobil. Mumpung banyak waktu dirumah. Jangan lupa semprot atau lap-lap beberapa bagian interior dengan disinfektan.

2. Cek AC.   Ventilasi AC dan bagian filter indoor bisa di copot dan dibersihin juga.

3. Panaskan mobil setiap hari, atau maksimum 3 hari sekali dengan waktu kira-kira 5-7 menit. Untuk mobil diesel disarankan memanasi sambil jalan, karena bau asapnya bisa mengganggu rumah dan tetangga.

4. Bawa jalan-jalan. “Lakukan sekitar 3 hari sekali minimum dan menggambil rute lebih dari 5 km. Hal ini guna menjaga ban agar tidak benjol, kemudian aki terisi dengan baik, oli lebih tersirkulasi dengan baik,” ucap Yitno selaku kepala mekanik Putra Mirta di Pondok Pinang.

5. Ganti Oli jika sudah melebihi batas kalender maximum, meskipun jarak tempuh belum tercapai agar komponen lainnya tidak rusak. Usahakan sekaligus mengganti filter oli.

Dengan menerapkan 5 cara di atas. Mobil Anda akan lebih prima dan dapat meminimalisir kerusakan meski jarang digunakan.

 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com