Begini Cara Memilih Head Unit Bekas

Begini Cara Memilih Head Unit Bekas

Ketika membeli mobil baru atau bekas, tidak semua pemilik merasa puas dengan in car entertainment-nya. Salah satu penyebab adalah kualitas head unit yang bisa mempengaruhi performa keluaran vokal dan bass. Termasuk aneka fitur pada head unit standar yang dirasa sudah tidak kekinian.

Nah, kalau sudah begitu, ganti saja dengan head unit aftermarket berstatus bekas. Seperti yang pernah disampaikan instalatur kawakan Zasum dari Pesona Audio di kawasan Pos Pengumben, Jakarta Barat, bahwa head unit bekas bukan saja memiliki keunggulan harga lebih terjangkau, tetapi juga terkadang fitur-fitur dan performanya jauh lebih mumpuni.

Foto: Yulian Lahardi

 

Lalu bagaimana caranya agar mendapatkan head unit bekas kualitas yang oke?

1. Konsumen harus periksa kondisi fisik perangkat head unit tersebut. Umumnya bila head unit tersebut merupakan barang copotan langsung dari mobil baru, maka secara fisik tidak kusam dan pemakaiannya juga minim.

2. Pastikan semua tombol dalam perangkat head unit berfungsi sempurna. Anda bisa cek langsung di lokasi penjualan, termasuk layar displai apakah masih mengeluarkan angka-angka dan huruf digital.

3. Coba masukan CD player atau musik ke dalam head unit apakah pemutar padat cakramnya masih berfungsi dengan baik. "Tinggalkan kalau CD diputar terasa berat yang artinya ada masalah pada optik," jelas Zasum saat itu.

4. Sementara untuk head unit double DIN yang mengusung touch screen, coba tekan seluruh bagian layar dan menu. Hal ini untuk melihat pada bagian sisi layar berfungsi dengan baik atau tidak termasuk melihat apakah ada dead pixel pada layar.

5. Jangan lupa sebelumnya juga untuk mengecek harga pasaran head unit bekas yang memiliki fitur sejenis. Jangan sampai nanti Anda merasa tertipu membeli head unit bekas tapi dikenakan harga baru.

Yulian Lahardi

Selamat mencoba!

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com