5 Konsekuensi Malas Cuci Mobil di Musim Hujan

5 Konsekuensi Malas Cuci Mobil di Musim Hujan

Curah hujan sudah tampak mulai meningkat intensitasnya belakangan ini. Dari pantauan OtoDriver, bukan cuma di Jakarta, kota besar seperti Tanjung Pinang dan Batam juga sudah sering hujan beberapa hari terakhir. Artinya saatnya Anda menyiapkan mobil untuk menghadapi musim satu ini.

Memang apakah ada persiapan khusus dalam menghadapi musim hujan? Tentu ada. Walau juga banyak pemilik membiarkan mobilnya tetap kotor di musim hujan seperti saat ini. Padahal perilaku tersebut merugikan "kesehatan" dan kualitas mobil itu sendiri. Yang paling parah bisa menyebabkan mobil berkarat hingga keropos.

 

Malas cuci mobil juga memiliki dampak yang cukup besar, informasi ini didapat melalui Edison Car Care salah satu spesialis detailing mobil di kawasan Legok, Tangerang, Banten. Berikut ini kami jabarkan beberapa poin yang berdampak akibat membiarkan mobil yang kotor terlalu lama.

1. Timbulnya flek kotoran dan jamur di kaca dan bodi
Hal ini dikarenakan bekas hujan, kotoran, getah buah atau semacamnya yang jatuh menimpa kaca mobil. Kalau tidak segera dicuci atau dihilangkan maka akan membekas dan menimbulkan flek kotoran yang sulit dihilangkan di sisi kaca dan bodi.

2. Berkarat
Air hujan sendiri mengandung zat asam yang bisa membuat permukaan besi berkarat. Bayangkan jika mobil kita memiliki karat akibat terlalu lama mendiamkannya. Jika sehabis diguyur hujan maka segeralah membilas dan keringkan agar terhindar dari karatan.

3. Warna menjadi belang
Hal ini akan terlihat jelas pada mobil putih atau warna cerah, kotoran yang menempel pada bodi mobil setelah menerjang banjir atau hujan harus segera dibersihkan. Jika
tidak maka akan menimbulkan warna yang berbeda.

4. Kerak pada kolong mobil
Tempat yang mudah berkarat ialah pada bagian kolong. Meskipun Anda tidak melewati genangan air atau tak berkendara saat hujan sekalipun namun tetap harus
rutin membersihkan bagian kolong mobil. Jika tidak, maka kerak akan menumpuk dan memperpendek usia berbagai komponen di kolong.

5. Suspensi rusak
Kotoran dan debu bisa terus hinggap di bagian seal shockbreaker yang bisa mengurangi cara kerja suspensi dengan sempurna. Jika dibiarkan maka bukan tak mungkin suspensi bisa mengalami kebocoran.

Dengan demikian, rajinlah membersihkan mobil Anda, walau musim hujan namun agenda cuci mobil tetap harus rutin dilaksanakan.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com