2 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pengemudi Saat Hujan

2 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pengemudi Saat Hujan

Saat ini curah hujan di Indonesia sedang tinggi. Hal tersebut tentu tidak sedikit membuat berbagai gangguan atau kendala di jalan, termasuk para pengemudi mobil.

Karena curah hujan yang tinggi juga, mengharuskan pengemudi mempersiapkan segala hal yang biasanya tidak ada saat curah hujan rendah. Dikatakan Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, ada dua hal penting yang harus diperhatikan pengemudi saat hujan.

Yang pertama adalah gangguan dari luar. Seperti cuaca yang tak menentu, jarak pandang yang terbatas karena hujan, sampai kondisi jalan yang makin semerawut.

 

"Sehingga sedikit banyak mengganggu konsentrasi pengemudi dalam mengambil keputusan yang tepat dalam perjalanan," ujar Sony saat dihubungi OtoDriver, Rabu 11 Desember 2019.

Selanjutnya yang harus diperhatikan juga sebelum mengemudi saat curah hujan tinggi seperti sekarang ini adalah suasana hati pengemudi. Sony mengatakan suasana hati yang sedang tidak baik akan mempengaruhi pengemudi telebih saat hujan. 

"Moody atau suasana hati pengemudi kadang tidak karuan, menjadikan mental dan fisik pengemudi cepat menjadi drop. Sehingga respon dan reaksi nya kurang akurat. Melakukan persiapan perencanaan yang matang sebelum berkendara,  seperti persiapan mental, fisik, kondisi kendaraan, serta mengatur arah perjalanan yang teraman," pungkas Sony.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com