Seperti Ini Sikap Tepat Saat Berhenti Menunggu Lampu Merah

Seperti Ini Sikap Tepat Saat Berhenti Menunggu Lampu Merah

Pagi ini kita mendengar kabar duka dari kota Balikpapan. Ada kecelakaan yang menewaskan 5 orang dan 4 orang lainnya mengalami luka-luka.

Kejadian bermula dari truk tronton yang remnya blong menabrak mobil dan motor di titik lampu merah Jalan Soekarno-Hatta, Simpang Muara Rapak, Balikpapan .

Kecelakaan naas tersebut tidak terhindarkan, lantaran kondisi truk yang mengalami rem blong dan kondisi pagi hari yang padat di persimpangan lampu merah dan juga kondisi jalanan menurun.

Menyingkapi hal ini, apa sih yang sebaiknya kita lakukan saat berada di lampu merah?

Sony Susmana selaku Direktur Safety Defensive Driving Indonesia mengutarakan pentingnya waspada ketika ada di lampu merah.

"Paling banyak saat berhenti itu pengguna jalan mulai bermain dengan telepon genggam. Lalu merasa aman karena tidak bergerak dan mengaktifkan rem tangan. Padahal tidak disarankan seperti itu," ucap Sony.

Untuk pengendara mobil sebaiknya tetap menginjak pedal rem dan tidak mengaktifkan tuas rem tangan. Agar dapat melakukan gerakan antisipasi ketika melihat bahaya mengancam.

Pasalnya, dengan menginjak pedal rem maka lampu belakang akan menyala. Ini akan memberi peringatan pada pengendara di belakang bahwa kita sedang berhenti dan berjaga-jaga jika ada pengendara yang tidak waspada.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com