Subsidi Mobil Listrik di Inggris Bikin Fiat 500 EV Laku Keras

Subsidi Mobil Listrik di Inggris Bikin Fiat 500 EV Laku Keras

OTODRIVER – Fiat 500 EV kini dibanjiri pesanan setelah pemerintah Inggris memberikan subsidi kepada mobil listrik mungil tersebut.

Direktur Utama Fiat United Kingdom Damien Dally mengungkapkan bahwa permintaan mobil Fiat 500 listrik dalam sebulan terakhir telah melampaui gabungan lima bulan sebelumnya setelah peluncuran E-Grant atau subsidi senilai 3.000 poundsterling (Rp 58,7 juta).

Seperti diberitakan Autocar, diskon Fiat E-Grant diberikan bagi siapa saja yang membeli model 500 hatch atau convertible listrik. Hal tersebut bertujuan agar konsumen semakin tertarik membeli mobil listrik.

Sejauh ini pada tahun 2023, EV telah menyumbang 15,7 persen dari registrasi kendaraan baru. Pada titik ini tahun lalu, mereka menguasai 14,7 persen pasar, meskipun karena krisis chip, volume pendaftarannya jauh lebih kecil.

“Saya senang dengan tanggapannya. Kami jelas harus melihat minat itu hingga penjualan, tetapi peningkatannya sangat mencengangkan. Dalam krisis biaya hidup yang sulit bagi pembeli swasta, jelas bahwa insentif untuk beralih bisa sangat kuat,” kata Dally.

E-Grant diluncurkan untuk memperingati satu tahun pemerintah menghapus segala bentuk insentif bagi pembeli mobil listrik.

Pada puncaknya, dukungan pemerintah berjumlah 5.000 poundsterling per kendaraan atau sekitar Rp 97,9 juta ditambah diskon lebih lanjut untuk pemasangan pengisi daya rumah, tetapi turun 1.500 poundsterling atau Rp 29,3 juta pada EV dengan harga lebih rendah saat ditarik.

Ketika Fiat's E-Grant diluncurkan, Dally meminta pemerintah untuk mencocokkannya guna merangsang pasar, meskipun hingga saat ini pemerintah belum menunjukkan tanda-tanda akan mengubah posisinya, hal itu sangat kontras dengan banyak negara Eropa.

Jerman, misalnya, telah menawarkan hibah sebesar 9.000 euro atau Rp 150 juta untuk merangsang penjualan. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com