Penjualan EV di Eropa Melemah, Mobil Listrik Mungil Fiat 500e Jadi Tumbalnya

Fiat 500e akhirnya dihentikan penjualannya pada pertengahan September ini. Apa penyebabnya?
Penulis: Ahmad Biondi
Sabtu, 14 September 2024 11:00 WIB
Mobil Listrik - Penjualan EV di Eropa Melemah, Mobil Listrik Mungil Fiat 500e Jadi Tumbalnya

Bagikan ke:

OTODRIVER – Fiat 500e merupakan mobil listrik mungil yang sempat mencuri perhatian. Namun demikian, ternyata EV asal Italia ini tidak laku di pasaran.

Bahkan perusahaan harus melakukan tindakan tegas dengan menghentikan penjualannya mulai 13 September 2024 ini.

Seperti dikutip Autocar, Stellantis yang merupakan perusahaan induk Fiat menyatakan bahwa penurunan penjualan tersebut terkait dengan kesulitan mendalam yang dialami di pasar mobil listrik Eropa oleh semua produsen.

Menurut angka dari Jato Dynamics, Fiat menjual 74.885 contoh Fiat 500 (dalam bentuk bensin dan listrik) di seluruh Eropa antara Januari dan akhir Juli, 24 persen lebih sedikit daripada yang terjual pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, pangsa pasar kendaraan listrik di Eropa turun menjadi 13,5 persen, atau turun dari 14,6 persen pada Juli 2023.

"Kurangnya kejelasan seputar insentif dan masa depan kendaraan listrik terus menjadi penghalang bagi konsumen yang mempertimbangkan kendaraan listrik. Faktor-faktor ini, di samping nilai sisa kendaraan listrik yang rendah, berkontribusi terhadap penurunan yang terlihat pada bulan Juli,” kata analis Jato Felipe Munoz.

Foto - Penjualan EV di Eropa Melemah, Mobil Listrik Mungil Fiat 500e Jadi Tumbalnya
Fiat 500 EV

Penjualan 500e yang lambat serta berakhirnya penjualan 500 jenis bensin yang lama karena peraturan keamanan siber baru, telah mendorong Fiat untuk mengembangkan 500 hybrid baru.

Secara efektif, 500e yang dilengkapi dengan mesin bensin hibrida ringan akan menjadi penopang yang sangat penting bagi merek Italia tersebut saat menavigasi transisi yang lebih lambat dari perkiraan untuk menjual mobil listrik saja.

“Kami jelas, seperti orang lain, berpikir bahwa dunia akan beralih ke listrik lebih cepat dan biaya elektrifikasi akan turun lebih cepat. Tetapi kami tidak dapat membayangkan bahwa Covid akan terjadi, kekurangan bahan baku akan terjadi dan masyarakat Eropa, tidak semua, tidak juga yang termuda akan mengabaikan solusi berkelanjutan. Tetapi inilah kenyataannya. Kita harus menghadapi kenyataan tersebut,” kata CEO Fiat Olivier François. (AB)

#fiat #mobil-listrik-fiat #harga-mobil-listrik-fiat #spesifikafi-fiat-500e #fitur-fiat-500e

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.