Intip Spesifikasi Lexus RZ, First Dedicated EV Lexus

Mobil ini dilengkapi dengan dua motor listrik berkekuatan total 308 hp
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Selasa, 14 Maret 2023 09:00 WIB
Mobil Listrik - Intip Spesifikasi Lexus RZ, First Dedicated EV Lexus
Bagikan ke:

Di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Lexus memperkenalkan mobil Listrik terbarunya, Lexus RZ.  Sayangnya, harga dari luxury brand milik Toyota ini belum diumumkan. Namun, kita bisa mengintip spesifikasi SUV berpenggerak listrik murni yang satu ini.

Kehadiran All New Lexus RZ tak bisa dipisahkan dari sosok  Lexus LF-Z Electrified Concept. RZ merupakan perwujudan nyata dalam bentuk produksi mobil konsep tersebut. 

RZ merupakan mobil pertama yang didedikasikan sebagai Battery Electric Vehicle (BEV) dan menyadur platform e-TNGA, arsitektur Toyota khusus untuk mobil listrik murni. Struktur ini digunakan juga oleh Toyota bZ4X, mobil setrum pertama Three-Ovals. 

Foto - Intip Spesifikasi Lexus RZ, First Dedicated EV Lexus

"The All New Lexus RZ hadir sebagai milestone baru pada era elektrifikasi Lexus di Indonesia. Dengan desain mengagumkan dan teknologi terbaru, serta didukung dengan penggunaan material ramah lingkungan membuat model ini menjadi kendaraan listrik dengan pengalaman berkendara yang menakjubkan. Sehingga menjadi bukti kontribusi Lexus untuk merealisasikan carbon neutrality society," jelas Bansar Maduma, general manager, Lexus Indonesia, di acara Lexus Exclusive Media Gathering, Senin, 13 Maret 2023.

Dengan mengusung tagline Lexus Brand 'Next Chapter' yang menggabungkan unsur Lexus Electrified, Limitless Design, Lexus Driving Signature dan juga Human-Centered Technoloy, membuat mobil ini memiliki karakter yang berbeda dengan kendaraan BEV lainnya.

Berbekal baterai lithium-ion sebesar 71,4 kWh, jika terisi 100%, RZ diklaim mampu menempuh hingga 400 km. Sedangkan mengenai usia pemakaian,  baterai dilengkapi thermal management system yang berfungsi sebagai pendingin sehingga membuat lebih efisien dan tahan lama. "Bahkan setelah 10 tahun masa pakai,  dapat menampung daya listrik sebesar 90% dari kondisi awal," perinci Bansar. 

Untuk pengisian ulang daya listrik, jika menggunakan DC Fast Charger berdaya 50 kWh, hanya memerlukan sekitar 90 menit dari kondisi low-battery hingga penuh 100%. Namun apabila memanfaatkan AC Wall Charger dengan daya 7,4 kWh, pengisian ulang baterai membutuhkan sekitar 10 jam.

Kemampuan daya listrik baterai tersebut digunakan untuk mensuplai dua motor depan dan belakang. Performa keduanya mempunyai output daya 308 hp yang disalurkan pada kedua roda depan dan belakang. Yes, pada dasarnya RZ merupakan SUV All wheel Drive dan Lexus memcantumkannya sebagai DIRECT-4  Technology. Selain penggerak tersebut, RZ dilengkapi pilihan mode mengemudi dari Normal, Sport, Eco hingga Custom untuk mendukung kebutuhan berkendara.

Melongok ke dalam kabin, akan langsung nampak unsur Omotenashi khas Lexus yang mampu menambah kenyamanan berkendara. Selain itu desain kokpit dengan konsep Tazuna yang berorientasi pada kenyamanan berkemudi sangat jelas terhidang.

Desain Dial-Type Shifter yang ringkas memudahkan pengemudi saat mengoperasikan beberapa fitur kendaraan. Lexus pun sudah menyematkan fitur voice command pada mobil ini.

Pada unit yang hadir di Indonesia, Lexus tidak menyertakan versi yang dilengkapi teknologi Steer by Wire, yang memiliki ciri bentuk kemudi dengan wujud Yoke dan mempertahankan desain kemudi konvensional. Steer by Wire ini merupakan optional bagi RZ di beberapa market seperti Eropa.

Foto - Intip Spesifikasi Lexus RZ, First Dedicated EV Lexus

#lexus #rz #bev #e-tnga

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.