Ingin Terdepan, Tesla Sedang Ciptakan Pengisian Daya Mobil Listrik Tanpa Kabel

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Kamis, 21 Desember 2023 11:55 WIB
Mobil Listrik - Ingin Terdepan, Tesla Sedang Ciptakan Pengisian Daya Mobil Listrik Tanpa Kabel
Bagikan ke:
Pengisian daya nirkabel akan dapat menjadi perubahan besar jika produsen teknologi menyediakan fasilitas itu

OTODRIVER - Mobil listrik dapat dilakukan pengisian daya sendiri di rumah ataupun menggunakan SPKLU, akan tetapi cara pengisian daya baterai untuk jenis mobil ramah lingkungan ini berbeda tergantung dari jenis mesin yang digunakan.

Saat ini terdapat dua tipe pengisian daya baterai mobil listrik yaitu On-board Charger dan Off-board Charger yang keduanya masih masih menggunkan kabel. Namun, Tesla sebagai produsen kendaraan listrik sedang menciptakan pengisian daya tanpa kabel.

"Kami sedang mengerjakan pengisian daya induktif. Jadi Anda tidak perlu mencolokkan apa pun pada saat itu. Anda cukup menarik garasi Anda, berkendara di atas pad, dan Anda sedang mengisi daya,” kata Kepala Desainer Tesla Franz von Holzhausen dikutip dari Arena EV, Rabu (20/12).

Namun ia juga mengatakan, sama seperti ponsel, pengisian daya nirkabel lebih lambat dibandingkan pengisian daya dengan kabel, dan jika hal tersebut juga terjadi pada mobil. Tapi, hal itu akan menjadi keunikan tersendiri karena para pemilik tidak perlu lagi menempatkan port pengisian daya mobil di sisi yang sama dengan pengisi daya dinding.

"Ini hanya masuk akal untuk gedung perkantoran tempat Anda pergi dan membiarkan mobil Anda menganggur selama berjam-jam - belum tentu untuk jalan raya dan tempat lain di mana Anda memerlukan pengisian daya agar dilakukan secepat mungkin. Tapi, akan sangat berguna karena tidak lagi menjadi masalah saat mencoba menempatkan port pengisian daya mobil di sisi yang sama dengan pengisi daya dinding Anda," ujar von Holzhausen.

Pengisian daya nirkabel akan dapat menjadi perubahan besar jika produsen teknologi menyediakan fasilitas itu di tempat parkir umum, seperti area pengisian daya umum untuk kendaraan listrik saat ini. (GIN)

#tesla #mobi-listrik #pengisian-daya

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.