Bocoran Harga Genesis G80 Electric, Mobil Presiden di KTT G20

Bocoran Harga Genesis G80 Electric, Mobil Presiden di KTT G20

Ada pemandangan menarik ketika orang nomor 1 di Indonesia terlihat menggunakan Genesis G80 Electric, yang merupakan mobil listrik paling mewah di Indonesia.

Meski begitu, hingga saat ini mobil listrik sedan ini belum juga dijual untuk umum di Indonesia.

Menurut bocoran, G80 Electric ini didatangkan ke Indonesia melalui PT Hyundai Motor Indoneisa untuk kendaraan operasional petinggi negara di KTT G20 Bali, November 2022.

Presiden Jokowi menjadi salah satu pengguna pertama Genesis G80 Electric di RI. Mobil itu digunakan saat kunjungan di Kawasan Industri Terpadu Batang, pada 8 Juni.

Terkait harga jualnya, di negara asalnya Korea Selatan mobil listrik itu dijual 88,91 juta won, atau setara Rp 1 miliar-an.

Mobil listrik pertama buatan brand mewah Hyundai tersebut memiliki dimensi layaknya limousine. Secara keseluruhan panjangnya 5 meter, lebar 1,9 meter, dan jarak roda depan ke belakang 3 meter. 

Mengusung desain moderen, namun tetap terlihat seperti mobil di masa depan. Mengandalkan penerangan utama LED, dan mempertahankan grill besar ciri khas Genesis dengan bahasa desain G-Matrix. 

Pada sektor jantung pacunya dipersenjatai baterai Lithium-ion polymer 87,2 kilo watt per hour, dengan dua motor listrik pada bagian roda depan, dan belakang yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 136 kWh.  

Secara keseluruhan jika dikonversi menjadi daya kuda, maka sedan pelahap seterum tersebut dapat memuntahkan tenaga hingga 364,7 HP, dan torsi puncak 700 Nm.

Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi matik ke semua roda. Mengingat kapasitas baterainya cukup besar, tidak heran jika sedan mewah tersebut dapat berjalan hingga 427 kilometer. 

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai, dari kondisi 10 persen sampai 80 persen hanya 22 menit dengan fast charging, atau alat pengisian khusus yang memiliki aliran listrik 800 volt. 

Sementara jika memanfaatkan sumber kelistrikan 11 kW, butuh 9 jam. Waktu yang cukup lama, namun biasanya arus tersebut didapatkan saat berada di rumah.

Setelah digunakan Presiden Jokowi, Genesis G80 Electric cukup menyita perhatian publik. Tidak diketahui jumlah unit yang akan digunakan saat KTT G20 di Bali, namun untuk saat ini jumlahnya terbatas.

Berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, sedan listrik tersebut sudah didistribusikan 9 unit dari PT Hyundai Motor Indonesia ke diler pada Juni 2022.

Mobil dengan status impor utuh dari Korea Selatan itu hanya tersedia satu varian saja. Semoga cepat dijual massal di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com