Wuling Mini EV Nongol Di Wuling Centre. Kode Keras Masuk Indonesia.

Wuling Mini EV Nongol Di Wuling Centre. Kode Keras Masuk Indonesia.

Belum lama ini, dunia terkesiap. Sebuah mobil listrik mungil tiba-tiba muncul menjadi unit paling laris di Tiongkok dan langsung menekuk angka penjualan Tesla. Sosok mungil ini tak lain adalah Hong Guang Mini EV atau yang dikenal juga sebagai Wuling Mini EV Macaron.

Dan mobil yang mampu menampung penumpang hingga 4 orang ini muncul di Wuling Center Indonesia.

Walau pun dua unit yang dipajang di Wuling Center pertama di luar Tiongkok ini merupakan mobil dengan letak kemudi di sebelah kiri, lantas apakah ini merupakan ‘kode keras’ akan kemunculannya?

“Semuanya bisa saja terjadi, termasuk kemungkinan menghadirkannya di Indonesia. Tunggu saja tanggal mainnya setidaknya di tahun depan,” terang Brian Gomgom Media Relation Wuling Motors saat ditemui belum lama ini.

Saat disinggung mengenai harga jualnya yang hanya berkisar di angka Rp 60-an di negeri asalnya. Brian mengatakan bahwa harga tersebut terbentuk lantaran ada campur tangan pemerintah Tiongkok. “Salah satu yang menyebabkan harga mobil ini bertengger di angka tersebut,” jelasnya.

Mengenai harga apabila mobil tersebut dipasarkan di Indonesia, Brian tidak mau berspekulasi mengenai hal tersebut. “Kita lihat saja nanti ke depan dan lagi pula belum tentu model ini yang akan dihadirkan di pasar Indonesia,” imbuhnya.

Namun Brian mengatakan, apabila nanti Wuling menjual mobil listrik mini di Indonesia, dipastikan bahwa akan menggunakan platform yang sama dengan Mini EV yang dipajang yakni Global Small Electric Vehicle (GSEV).

“Dengan platform ini, maka memungkinkan sekali untuk membiakkan model EV mungil lainnya baik itu 2 atau 4 pintu atau malah model lainnya,” terang Danang Wiratmoko, Produk Planing Wuling Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Kembali ke Mini EV Macaron, mobil ini memiliki Sedangkan dimensinya berukuran seperti micro car, yakni panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, serta wheelbase 1.940 mm, artinya sedikit lebih besar sedikit dari Smart Fortwo.
Macaron nyaris tak punya bagasi, namun jika jok belakang dilipat maka akan hadir ruang dengan besar 741 liter yang mampu memuat koper 26 inci atau stroller.
Menurut spesifikasinya, Mini EV Macaron mengandalkan motor listrik bertenaga 20 kW atau sekitar 27 dk dan torsi 85 Nm yang diletakkan di bagian belakang, mobil ini pun berpenggerak roda belakang (RWD).

Sedangkan untuk baterai terdapat dua pilihan, 9,2 kWh dengan jarak tempuh sekitar 120 km dan 13,8 kWh jarak tempuhnya 170 km. Sayangnya mobil ini tidak bisa menikmati fasilitas fast charging.

Macaron semakin semarak dengan pilihan warna lucu seperti Avocado Green, Lemon Yellow dan White Peach Pink.

Rumor terkencang, Mini EV akan diluncurkan di ajang GIIAS 2021 nanti, tapi ini masih konon lho.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com