Rivian R1T Patahkan Keraguan Kemampuan EV Dalam Terobos Banjir

Rivian R1T Patahkan Keraguan Kemampuan EV Dalam Terobos Banjir

Salah satu hal dari kendaraan listrik yang paling banyak dipertanyakan adalah kemampuannya dalam menerjang banjir. Hal ini wajar saja mengingat air merupakan musuh klasik peralatan listrik.

Kendaraan listrik sebagai wajah masa depan dunia otomotif pun tak luput dari keraguan seperti ini. Maka tak salah jika Rivian, salah satu pembuat truk listrik dari AS melakukan pengujian pada pikap andalannya yang meluncur September ini, yakni R1T

Seperti yang dilansir insideevs, Rivian R1T harus menghadapi genangan air sekitar 1,3 m dengan aman dan nyaman. Artinya perangkat listrik dari truk ini harus kedap air, mobil tetap bisa bekerja dengan baik dan orang yang ada di dalam mobil atau di sekitar mobil aman .

Pengetesan yang dilakukan oleh Rivian ini ternyata merupakan salah satu syarat keamanan yang disertakan pada truk setrum tersebut. Dan hasilnya cukup baik, di mana truk tersebut dapat lolos dengan baik.

Perihal kemampuan mobil listrik dalam beradaptasi dengan air bukanlah hal yang baru dan menjadi keharusan.

Dikutip dari thedriven.com, sistem kendaraan listrik relatif aman digunakan untuk menerjang banjir. Sejauh perangkat baterai dan motor listriknya sepenuhnya tersegel baik sehingga terisolasi dari air dan tidak sampai masuk ke dalam sistem.

Salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) adalah memiliki International Protection (IP) rating system. Semisal IP65 yang menjelaskan mampu melindungi baterai dan motor listrik dari debu dan air bertekanan rendah.

Pada IP grade yang lebih tinggi perangkat baterai dan motor listrik bahkan mampu bertahan pada air bertekanan tinggi. Sebagai gambaran grade tertinggi yakni IP68, merupakan grade yang digunakan pada sistem kapal selam.

Lalu apakah ada resiko tersetrum?

Sejauh tidak ada kerusakan berat karena benturan yang menyebabkan sistem pada baterai dan motor listrik bocor, kondisi tersebut tidak akan terjadi. Di samping itu terdapat sistem pemutus otomatis yang disebut ground-fault detection system yang menjadi salah satu safety feature pada kendaraan KBL. Sistem kelistrikan akan total terputus, begitu sensornya mendeteksi adanya kebocoran.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com