Perusahaan Oli Idemitsu Siap Jadi Produsen Mobil Listrik

Perusahaan Oli Idemitsu Siap Jadi Produsen Mobil Listrik

Tren mobil listrik kedepannya akan semakin pesat. Kondisi ini disadari oleh produsen oli dan BBM asal Jepang, Idemitsu yang siap beralih ke industri tersebut agar dapat tetap bertahan di masa depan.

Idemitsu akan menjadi produsen mobil listrik Jepang pertama yang bukan berasal dari latar pembuat mobil. Berbeda dari Amerika yang banyak memiliki produsen mobil listrik dari industri start up.

Dikutip dari Nikkei Asia, rencana Idemitsu ini juga sejalan dengan program pemerintah Jepang yang merencanakan industri otomotif fully electric di pertengahan 2030.

Untuk pengembangannya, Idemitsu menggandeng Tajima Motor milik Nobuhiro 'Monster' Tajima yang sebelumnya dikenal sebagai pengembang mobil balap listrik.

Produk kerja sama keduanya akan mulai diproduksi sekitar semester 2 tahun ini. Mobil listrik tersebut akan dibangun di fasilitas Tajima Motor di Perfektur Shizuoka, Jepang.

Untuk model yang dipilih adalah jenis ultra kompak yang secara dimensi lebih kecil dari Kei Car di sana. Panjangnya hanya 2,5 meter dan lebar 1,3 meter. Hal ini sesuai regulasi baru lalu lintas di Jepang yang mulai membolehkan mobil ultra kompak di jalan raya.

Performanya kecepatan tertingginya hanya 60 km/jam dan sudah dilengkapi fitur anti-sideslip. Daya jelajahnya sekitar 100 km dengan pengecasan baterai penuh selama 8 jam. Estimasi harganya sekitar Rp 132-198 jutaan.

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com