Mencicipi Performa HR-V VS Kona VS Almaz di Tol Cipularang

Mencicipi Performa HR-V VS Kona VS Almaz di Tol Cipularang

Beberapa waktu lalu, OtoDriver berkesempatan untuk menguji performa tiga SUV harga Rp 300 jutaan. Adapun kontestannya antara lain Honda HR-V 1.8 Prestige, Hyundai Kona dan Wuling Almaz.

Pengetesan performa ini tak sekadar menguji angka akselerasinya dan tenaga mesin yang dihasilkan. Pengujian kali ini memilih rute Jakarta hingga Bandung via Tol JORR, Cikampek dan Cipularang yang memiliki kontur jalan menanjak.

Untuk spesifikasi di atas kertasnya, Honda HR-V memiliki tenaga mesin 139 dk dan torsi 174 Nm bertransmisi CVT. Sedangkan Hyundai Kona yang memiliki kubikasi mesin terbesar di antara para mobil yang dites memiliki tenaga mesin 147 dk dan torsi 179 Nm bertransmisi otomatik 6 percepatan. Wuling Almaz yang satu-satunya SUV ber-turbo kali ini memiliki tenaga mesin 140 dk serta torsi 250 Nm dan bertansmisi CVT.

Kami pun menguji ketiga SUV ini melalui tanjakan yang cukup panjang serta butuh kecepatan tinggi di tol Cipularang. Lantas bagaimana impresi kami.

Saat mengendarai Honda HR-V, rasanya mobil ini tak mengalami kesulitan untuk melahap tanjakan tersebut. Perpaduan mesin serta transmisi CVT yang responsif seolah-olah Compact SUV ini tak menemui masalah sedikit pun di tol Cipularang tersebut.

Untuk Hyundai Kona, rasanya mobil ini menjadi yang ‘ternikmat’ untuk mengarungi tol Cipularang. Dengan tenaga mesin yang paling melimpah serta transmisi otomatik 6 percepatannya membuat SUV ini sangat sigap untuk menanjak tol penghubung antara Cikampek dan Kota Bandung tersebut. Belum lagi, dengan dimensi-nya yang paling mungil membuat pengendara percaya diri untuk bermanuver.

Akan tetapi sedikit berbeda dengan Wuling Almaz. Meski bermesin turbo, namun kami merasakan mesinnya kurang bertenaga saat menanjak di tol Cipularang. Bahkan saat menanjak dengan waktu yang cukup lama, terasa transmisi CVT-nya kurang responsif. Mungkin hal ini disebabkan oleh bobot terberat serta dimensi terbesar di antara para kontestan kali ini.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com