Almaz VS Kona VS HR-V, Mana yang Paling Irit di Rute Jakarta-Bandung?

Almaz VS Kona VS HR-V, Mana yang Paling Irit di Rute Jakarta-Bandung?

Tim OtoDriver mencoba sesuatu yang baru dengan menguji konsumsi bahan bakar tiga model unggulan di kelas compact SUV.

Dalam pengujian kali ini, ada tiga mobil yang ikut ambil bagian, antara lain Honda HR-V 1.8 Prestige, Hyundai Kona dan Wuling Almaz. Khusus nama terakhir, mengusung kapasitas penumpang hingga 7 orang dengan dimensi yang paling besar di antara rivalnya.

Pengetesan konsumsi bahan bakar kali ini dibuat dengan metode full to full, tangki kendaraan diisi penuh BBM sampai batas maksimal. Kemudian pengujian kali ini memilih rute Jakarta hingga Bandung via Tol JORR, Cikampek dan Purbaleunyi.

Sebelum masuk tol, kami mengisi ketiga mobil dengan bahan bakar yang sama hingga full lalu menghidupkan mesin dalam waktu yang bersamaan. Pengujian kali ini juga dilakukan dengan cara normal, menyalakan AC, audio, lampu hingga memacu kendaraan dengan kecepatan sewajarnya antara 60-90 km/jam.

Berkendara kurang lebih 5 jam perjalanan dengan dua kali istirahat makan, tim OtoDriver akhirnya tiba di kota Bandung. Saat sampai ditujuan awal, kami langsung bergegas ke SPBU terdekat untuk mengisi full sekali lagi tangki BBM setiap mobil.

Hal tersebut guna mendapatkan hasil yang akurat, meskipun kami juga mencatat hasil konsumsi yang tertera pada Multi Information Display (MID) di masing-masing mobil.

Dalam perjalanan kali ini, tercatat kami menempuh jarak hingga 163 Km. Tiga model yang diuji coba mendapatkan hasil yang berbeda. Namun tidak ada hasil yang mengejutkan, karena memang kami sudah mencoba ketiga model dalam video review di Youtube Otodriver.

Setelah diisi kembali hingga full, keluar sebagai pemenang adalah Honda HR-V yang memiliki konsumsi bahan bakar paling baik dengan 14,2 km/liter, disusul Hyundai Kona dengan angka 12,7 km/liter, sementara Almaz mampu mencatatkan konsumsi BBM 9,3 km/liter.

 

Hasil tes konsumsi BBM Jakarta-Bandung (163 KM):

1. Honda HR-V 1.8 Prestige : 14,2 km/liter

2. Hyundai Kona : 12,7 km/liter

3. Wuling Almaz : 9,3 km/liter

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com