Komparasi Spek All New Mazda 3 VS Honda Civic Hatchback

Komparasi Spek All New Mazda 3 VS Honda Civic Hatchback

Segmen hatchback kembali kedatangan pesaing baru lewat wujud All New Mazda 3. Mobil yang terjadwal melantai pada GIIAS 2019, 18 Juli mendatang bakal langsung dijual untuk konsumen tanah air.

Mengusung desain agresif yang sangat sporty, All New Mazda 3 bisa dikatakan sebagai hatchback dengan desain paling menawan saat ini.

Meski demikian untuk pasar Indonesia, Mazda 3 mendapat tantangan berat karena menghadapi Civic hatchback yang juga mengusung desain cukup menarik. Untuk Anda yang tertarik membelinya, berikut perbandingan keduanya.

 

Dimensi

Tidak hanya Civic yang memiliki varian sedan dan hatchback, Mazda 3 juga memiliki dua varian yang sama. Namun bahasan kita kali ini adalah hatchback, dan dimensi yang dihadirkan keduanya sebagai berikut.

Civic lahir dengan panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm, tinggi 1.421 mm dan wheelbase 2.700 mm. Sedangkan Mazda3 hadir dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.435 mm dan wheelbase 2.725 mm.

Dalam hal ini cukup berimbang, meskipun Mazda 3 sedikit lebih panjang, namun lebih lebar Civic hatchback yang membuat kabinnya sedikit lebih luas.

Mesin

 

Untuk urusan mesin keduanya tidak memiliki kesamaan, Mazda 3 hadir dengan SkyActive-G berkapasitas 2.000 cc, sementara Honda lebih mempercayakan mesin VTEC Turbo 1.500 cc untuk Civic Hatchback.

SkyActive-G milik Mazda 3 menghasikan tenaga 153 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 200 Nm/4.000 rpm. Meski Mazda 3 berkapasitas mesin lebih besar, nyatanya Honda Civic Hatchback justru unggul dalam hal performa, tenaga mesin turbonya mampu menghadirkan 173 ps pada putaran 5.500 rpm dengan torsi sebesar 220 Nm pada 1.700-5.500 rpm.

Fitur

Berbicara fitur, keduanya hadir dengan fitur keselamatan standar, keduanya bahkan memiliki 6 buah Airbags, EBD, ABS, Brake Assist, Line keep Assist dan jok belakang ISOFIX. Tidak hanya itu, keduanya juga sudah dilengkapi sensor parkir, kamera mundur dan cruise control.

Fitur hiburannya juga berimbang, dengan konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto, hanya saja head unit Civic sedikit lebih besar ketimbang Mazda 3. Tapi yang sangat menarik, Mazda 3 mengusung head up display, sehingga pengemudi dapat fokus mengemudi karena spidometer bisa dilihat dari kaca depan.

Harga

Sampai berita ini dirilis, PT Eurokars Motor Indonesia belum juga merilis harga resmi untuk All New Mazda 3. Namun jika mengacu harga jual generasi sebelumnya yang masih dijual, harganya Rp 432,3 jutaan. Sementara Honda menjual dua tipe Civic hatchback antara Rp 414,5 – Rp 453,5 juta.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com