Mazda 3 Sedan, Rasa Premium Dengan Harga Lebih Terjangkau

Mazda 3 Sedan, Rasa Premium Dengan Harga Lebih Terjangkau

OTODRIVER - Sedan merupakan model yang semakin ekslusif jadi pilihan di pasar Indonesia. Walau demikian, Mazda tetap optimis untuk dapat mereguk pasar lokal salah satunya dengan Mazda3 Sedan.

Selain sebagai pendamping Mazda3 Hatchback juga muncul sebagai duta bagi pabrikan asal Hiroshima, Jepang ini yang berupaya masuk di kelas sedan kompak premium.

Dengan mengusung konsep desain Kodo, Mazda kami nilai berhasil menghadirkan sebuah sedan dengan pahatan eksterior memikat walaupun harus berbagi platform dengan versi hatchback. Biasanya pada mobil sedan yang dikembangkan bersamaan dengan hatchback punya proporsi bentuk yang kurang begitu bagus. Namun hal ini tidak ditemui pada Mazda 3 Sedan.

Sedangkan untuk interiornya, mobil yang satu ini sepertinya lebih memberikan porsi optimal pada pengemudi dan penumpang di baris pertama.  

Bangkunya terasa pas dan posisi mengemudi yang mudah disetel untuk mendapatkan posisi ideal. Namun tidak dengan bangku belakang di mana ruang kaki terasa lebih sempit dan sandaran bangkunya terasa tegak. Pada baris ini lebih ideal diisi dengan dua orang dibandingkan 3 orang. Ini dikarenakan adanya tunnel pada bagian tengah kabin yang cukup menyunat kenyamanan baris kedua.

Baris kedua kurang lega

Mazda patut diacungi jempol untuk bagian kabinnya. Interior mobil ini terasa premium dengan balutan material berkualitas yang dipadu dengan desain interior yang minimalis namun tetap fungsional.

Pada dasarnya, mobil ini sekelas dengan Honda Civic, namun Mazda tetap bertahan dengan mesin berkapasitas besar yakni 2.0 liter dengan teknologi SkyActive.

Mesin dengan kompresi 1: 13 ini mampu mengelontorkan daya 153 Hp dan torsi 200 Nm yang dipadu dengan transmisi 6 speed matik. Uniknya, Mazda mengklaim bahwa mesin ini masih bisa menenggak bensin dengan oktan 90, namun tentu tidak akan mencapai performa puncaknya.

Mengenai fitur keselamatan, generasi IV Mazda3 ini hadir dengan fitur radar dan juga adaptive cruise control. Fitur terakhir pada saat ini masih sebatas hadir pada mobil kelas premium. Bahkan sekelas Mercedes C-Class saja masih belum memilikinya.

Namun Anda harus cukup berhati-hati dengan fitur Smart City Brake Support (SCBS) terlebih saat berada di jalanan dengan lalu lintas padat. Fitur ini dapat mengintervensi sistem pengereman dan bisa terjadi pengereman yang mendadak. Untunglah fitur ini bisa dinon-aktifkan saat di jalanan ramai dengan pengendara motor yang sering kali menyalip secara mendadak.

Berdasar pengetesan kami, Mazda3 Sedan ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 10,00 detik. Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya di kecepatan 22km/jam ada di 10,8 km/liter dan kecepatan 90-100 km/jam atau di jalan bebas hambatan di angka 16km/liter.

Mazda memberikan banderol yang menarik yakni mulai Rp 537.700.000 OTR Jakarta.

Dengan harga itu, maka Mazda 3 Sedan bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan mobil premium dengan banderol yang lebih bersahabat. (SS)

Kelebihan

  1. Desain menarik
  2. Pengendaraan dan handling presisi
  3. Fitur keselamatan canggih
  4. Kualitas interior sekelas sedan premium

 

Kekurangan

  1. Suspensi keras
  2. Ruang kabin baris kedua legroom sempit
  3. Bukan yang teririt dan terkuat di kelasnya

 

Mazda3 Sedan
Interior Mazda3 Sedan
Mesin SkyActive
Bentuk proposional untuk sebuah sedan yang berbagi tubuh dengan hatchback

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com