Komparasi Spek Toyota Corolla Altis VS Mazda 3 Sedan

Komparasi Spek Toyota Corolla Altis VS Mazda 3 Sedan

Kehadiran Toyota Corolla Altis di pasar Indonesia beberapa waktu lalu tak hanya mengusik Honda Civic yang bermain di kelas medium sedan, tetap juga menjegal Mazda 3 sedan yang sebelumnya meluncur untuk pasar tanah air.

Dengan desain yang modern dan platform baru, kini Altis terlihat lebih mewah dan memiliki kabin yang lebih besar. Lantas seperti apa perbandingan spesifikasi antara Corolla Altis dengan Mazda 3 sedan? Berikut selengkapnya.

Mesin

Toyota Corolla Altis ditawarkan dengan tiga varian di Indonesia, namun untuk tipe G dan V bensin, mengandalkan mesin berkapasitas 1.800 cc 4 silinder dengan kode 2ZR-FE yang sama dengan model sebelumnya. Kemudian didukung dengan transmisi CVT sehingga mampu menghasilkan tenaga 140 ps serta torsi 171 Nm. 

Sementara Mazda 3 sedan menawarkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu SKYACTIV-G 2.000 cc yang mampu mengais tenaga 155 ps di rpm 6.000 dan memiliki torsi puncak 200 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan oleh transmisi otomatik 6 percepatan konvensional.

Untuk jantung pacu, Mazda 3 tercatat lebih baik dalam hal perolehan tenaga dan torsi yang dihasilkan ketimbang pencapaian Corolla Altis.

 

Dimensi

Dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture), Altis kini hadir dengan dimensi berdimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.435 mm dengan wheelbase 2.700 mm.

Sedangkan Mazda 3 tercatat memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.440 mm dan wheelbase 2.725 mm.

Keduanya bersaing dalam hal dimensi, Altis sedikit lebih panjang, namun Mazda 3 sedikit lebih lebar dengan jarak sumbu roda yang juga sedikit lebih panjang.

Fitur

Berbicara fitur, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan Altis kini datang dengan fitur modern nan canggih, seperti fitur keselamatan baru Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-Collision system, Dynamic radar criuse control, Lane departure alert, serta Automatic high beam.

Namun Mazda 3 juga tak mau kalah dengan tambahan Blind Spot Monitoring (BSM), Adaptif Front-Lighting System (AFS) dan sensor Smart Brake Support.

 

Harga

Soal harga, PT Toyota Astra Motor (TAM) melansir tiga varian Altis terbaru yang dijual Rp 468,2 juta untuk tipe G, kemudian Rp 489,3 juta untuk tipe V, dan Rp 566,3 juta untuk varian hybrid.

Sedangkan PT Eurokars Motor Indonesia selaku distributor Mazda di Indonesia menawarkan satu tipe Mazda 3 yang dijual Rp 538,8 juta. 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com