Tes Lengkap: Toyota Agya 2023

Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Selasa, 2 Mei 2023 11:00 WIB
First Drive - Tes Lengkap: Toyota Agya 2023
Bagikan ke:
Toyota Agya 2023 memiliki berbagai keunggulan ketimbang generasi sebelumnya.

Toyota terus memberikan pengalaman baru untuk setiap pecinta otomotif di Indonesia, bahkan belum lama ini meluncurkan generasi terbaru dari segmen Low Cost Green Car (LCGC) Agya generasi terbaru yang sudah hadir dalam varian GR Sport.

Mobil tersebut terbagi menjadi beberapa varian dengan rentang harga Rp237,5 juta sampai Rp256 juta. Kali ini tim OtoDriver.com berkesempatan menjajal mobil tersebut dalam jangka panjang dan sudah tayang di laman YouTube, lantas bagaimana rasa berkendaranya dan performanya? Yuk simak di bawah ini!

Desain Interior dan Eksterior

Foto - Tes Lengkap: Toyota Agya 2023

Secara desain tak diragukan lagi gen terbaru ini memiliki tampilan yang lebih sporty dari bagian depan, bahkan terlihat sebuah city car yang sangat agresif dengan kehadiran lampu yang sudah LED. Pada bagian samping trim tertinggi juga lebih sporty ketimbang varian LCGC dimana sudah dilengkapi dengan smart keyless yang memudahkan pengguna untuk membuka pintu kendaraan. Dilengkapi dengan pelek ring 15 varian GR Sport ini terlihat lebih dinamis, diman aura city car yang sporty sangat kental, terutama pada bagian bumper belakang.

Dari sisi interior perlu diakui jauh lebih baik dari gen terdahulu, dimana akomodasinya lebih luas dan kelebaran jok juga sangat pas. Dengan tinggi kami 177 cm masih terdapat ruang yang cukup pada bagian kaki dan juga space ke atas tidak mentok. Dari sisi jok, untuk varian GR Sport ini sudah berbahan suede tetapi hanya bagian depan saja, untuk kursi belakang masih bahan fabric biasa. Namun varian tertinggi ini sudah dilengkapi dengan layar instrumen yang sudah digital dan head unit lebih besar ketimbang varian LCGC. 

Kelengkapan fitur

Foto - Tes Lengkap: Toyota Agya 2023

Bicara fitur Agya GR Sport sudah dilengkapi head unit 8 inci dengan kemampuan mirrorlink dan kamera belakang, layar MID TFT 7 inci, untuk AC juga sudah digital, tombol starter, panel instrumen warna merah, setir dan shift knob dibalut kulit sintetis, dan wireless charging yang dapat membantu pengecasan handpohe.

Sementara itu untuk fitur keselamatan Toyota Agya GR Sport terdiri dari ABS + EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm + Immobilizer, Rear Parking Sensor, ISOFIX, dan airbag buat pengemudi dan penumpang depan.

Rasa Berkendara

Foto - Tes Lengkap: Toyota Agya 2023

Menyoal rasa berkendaranya dari segi posisi lebih baik dari gen sebelumnya, meski setir masih belum bisa diatur teleskopik dan pengaturan jok juga hanya maju mundur, tidak ada menaik dan turunkan.

Ketika diajak jalan, karakter suspensinya sangat sporty dan pengendalianya juga baik terutama dari peredamnya. Memang masih sedikit hadir rasa bodyroll tetapi rasanya cukup baik. Memang klaim dari pabrikan suspensinya berbeda dengan varian LCGC, di mana untuk GR Sport suspensi depan dan belakang dibuat lebih rigid 15 persen, serta dilengkapi dengan sokbreker yang dikembangkan khusus.

Konsumsi Bahan Bakar

Foto - Tes Lengkap: Toyota Agya 2023

Toyota Agya 2023 ini dilengkapi dengan mesin terbaru memakai mesin bensin 3-silinder 1.198 cc Dual-VVTi (WA-VE) yang menghasilkan tenaga 88 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm/4.500 rpm.

Berdasarkan pengetesan kami, konsumsi bahan bakar untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km per jam berhasil menghasilkan angka 16,2 km per liter, artinya angkanya cukup baik. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan 90 km per jam menghasilkan angka 19,5 km per liter. Sementara itu berdasarkan pengetesan 0-100 km per jam, Toyota GR Sport menghasilkan angka 11,63 detik 

Kelemahan

Namun dari sekian banyak kelebihan yang ada, terdapat beberapa kelemahan. Perta adalah suara klakson yang tak jauh beda dengan model lainya seperti Raize, kedua secara menyeluruh soal fitur tidak begitu spesial, bahkan dibandingkan dengan versi Malaysia tergolong berbeda, tidak ada fitur radar dan sebagainya, serta yang terakhir untuk menggunakan kaca itu untuk menurunkan sudah otomatis, tetapi ketika kembali menaikan masih harus ditahan.

Jadi, di atas hasil tes lengkap kami berdasarkan pengetesan jangka panjang, baik di dalam kota ataupun rute tol.

#toyota-agya-2023 #lcgc #agya-gr-sport #city-car #mobil-toyota #toyota-indonesia #gjaw-2023

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.