FIRST DRIVE: Toyota Agya 2023

FIRST DRIVE: Toyota Agya 2023

PT Toyota Astra Motor (TAM) membawa berbagai line up pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, termasuk City Car Toyota Agya 2023 dengan dua versi yaitu LCGC dan GR Sport.

Tentu tak sedikit yang penasaran dengan rasa berkendara, hingga fitur apa saja yang disematkan di Agya 2023. Nah pada kesempatan ini tim OtoDriver.com berkesempatan menjajal mobil generasi terbaru yang sudah tayang di laman YouTube.

Lantas bagaimana rasa berkendara Agya 2023? Yuk simak di bawah ini.

Desain


Penampilan desain yang dihadirkan di Agya 2023 terlihat lebih sporty ketimbang generasi lawas, terlihat beberapa lekukan garis yang tampak tajam, peningkatan eksterior meliputi bagian bumper hingga body kit untuk tipe tertingginya. Selain itu Agya terbaru juga sudah dilengkapi dengan lampu LED.

Beralih ke bagian interior terdapat berbagai peningkatan untuk varian LCGC ataupun GR Sport. Seperti pada bagian baris kedua lebih lega lantaran dimensinya bertambah panjang 70 mm. Panjang keseluruhan bertambah 100 mm, panjang bagasi juga bertambah 47 mm dan lebarnya 5 mm.

Untuk versi LCGC bagian belakang juga telah dihadirkan sandaran, tetapi memang tidak dilengkapi dengan ventilasi AC dan tidak ada USB slot dan material masih keras.

Beralih ke bagian kemudi, memang sangat berbeda dari generasi terdahulunya terutama dari bagian dashboard yang hadir dengan desain kekinian, meski instrumen digital masih biasa tetapi bisa diatur beberapa tampilan.

Selain itu pada bagian head unit varian LCGC tidak terlalu besar, tetapi rasanya masih cukup. Pada bagian pendingin AC sudah digital tetapi tidak bisa mengatur arah angin. Pada bagian jok masih berbahan fabric dan secara keseluruhan masih tergolong nyaman.

Sementara itu untuk varian GR Sport Agya 2023 memiliki aura yang lebih sport ketimbang LCGC, bisa dilihat dari bagian lingkar kemudi yang disematkan paduan aksen merah dan bahan lebih tebal. Selain itu tombol yang tersedia juga lebih banyak pilihan dan untuk instrumen cluster juga sudah digital. Bagian head unit juga lebih besar dan sekilas mirip dengan Toyota Raize. Sementara itu jok yang dihadirkan cukup sporty dengan bahan suede dan lebih nyaman dari varian LCGC.

Spesifikasi mesin

All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memanfaatkan all-new-platform yang menghasilkan dimensi kabin lebih luas disertai dengan mesin baru, transmisi baru, dan suspensi baru. Keduanya memakai new engine 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.

Fitur 

Hal menarik juga terdapat fitur-fitur unggulan, seperti All-front LED Lamp, fitur follow me home dan Auto Cut Off. Ada juga fitur ABS+EBD. Kemudian Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Ada juga Dual Airbags di semua tipe, termasuk Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).


Rasa Berkendara
Kali ini Kami berkesempatan menjajal varian GR Sport. Lantas bagaimana rasa berkendaranya? Hadir dengan jantung pacu baru dengan kode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3 silinder Dual VVT-I dengan tenaga mencapai 88 PS serta torsi 112 Nm, varian GR Sport hadir dengan suspensi yang berbeda membuatnya memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar.

Klaim Toyota mobil ini mampu menghadirkan tenaga yang lebih powerfull, dan kami mencoba membuktikan klaim tersebut dengan menjajal jalan menanjak dan benar saja lebih powerfull, grafiknya lebih bermain di RPM putaran bawah. Sementara itu untuk melewati jalan berlubang tak begitu terasa perubahan yang signifikan, tetapi memang berbeda dengan generasi terdahulu dan memiliki handling yang cukup lincah.

Kesimpulan
Sebagai kesimpulan, Agya 2023 membawa cukup banyak perubahan mulai dari desain yang lebih sporty, akomodasi jauh lebih baik ketimbang generasi terdahulunya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com