First Drive: Toyota Corolla Cross Hybrid

First Drive: Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross resmi dipasarkan pada 7 Agustus 2020 yang lalu. Untuk pasar Indonesia, PT Toyota Astra Motor langsung menawarkan dua varian sekaligus, yakni mesin bensin dan hybrid.

Beruntungnya pada hari peluncuran tersebut, OtoDriver langsung diberi kesempatan untuk mencobanya langsung di Kawasan BSD, Tangerang Selatan. Mobil yang kami coba kebetulan varian hybrid. Menurut catatan, varian hybrid mengandalkan mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 98 ps. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 72 ps.

Pada awal perjumpaan, kami langsung menikmati desainnya yang atraktif ditambah ground clearance setinggi 161 mm layaknya crossover di pasar Asia. Panjang mobil ini tercatat 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm dan wheelbase 2.640 mm. Dengan begitu Corolla Cross lebih panjang 116 mm dan 65 mm dibanding HR-V dan CX-30. Lalu lebih lebar 53 mm dan 30 mm dibanding HR-V dan CX-30, kemudian lebih tinggi 40 mm serta 80 mm ketimbang HR-V dan CX-30.

Pada bagian depan terlihat ada grill besar dan lampu LED serta DRL yang terdapat di atas lampu utama. Di bagian samping, ada pelek dual tone ring 18 dengan balutan ban 225/50. Tak lupa agar terlihat gagah ada roof rail di bagian atas yang diberi warna sama dengan bodi. Kemudian di belakang, terdapat sensor parkir, lampu mundur, defogger, lampu fog lamp LED sementara lampu mundur masih halogen.

Tak mau berlama-lama mengomentari desain, kami pun langsung beranjak ke bagian dalam untuk mencari posisi mengemudi yang nyaman, dan ternyata tidak sulit. Karena selain kaca depan yang lebar, Anda juga bisa mengatur ketinggian kursi, maju-mundur serta reclining secara elektrik. Tak hanya itu, setir juga bisa diatur tilt dan teleskopik, sehingga lengkap untuk mencari posisi mengemudi yang nyaman.

Secara kesluruhan, interior Toyota Corolla Cross tampil dengan warna hitam, namun pencahayaan dalam kabin tetap optimal berkat adanya power moon roof dengan tirai yang dapat dibuka.

Kami pun langsung bergegas berkendara di jalan raya. Dengan suspensi torsion beam yang dimilikinya, benar-benar menyuguhkan redaman yang baik walaupun mobil menghantam speed bump beberapa kali. Selain itu dengan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C), mobil ini menyuguhkan pengendalian yang baik, karena memiliki center of gravity yang rendah.

Oiya, dengan lingkar kemudi yang ringan kami jadi mudah bermanuver di jalan perkotaan. Apalagi di lingkar kemudi Anda bias mengatur audio, kemudian terdapat fitur cruise control dan pengaturan MID.

Beberapa fitur juga sempat kami eksplor, seperti ketika berhenti di tengah tanjakan pun tidak ada masalah berkat adanya Hill Start Assist (HSA). Lalu kesan SUV terasa cukup kental karena Corolla Cross masih menggunakan rem parkir mekanik dengan sistem injak.

Kemudian terdapat fitur hiburan terkini yang dapat diatur lewat head unit layer sentuh berukuran 9 inci yang sudah dilengkapi, Bluetooth, NFC, Miracast. Fitur kecil namun sangat berguna adalah hadirnya NFC, Anda bahkan bisa mengecek saldo e-toll Anda dengan hanya menempelkan kartu pada head unit.

Ada juga kisi-kisi AC pada konsol tengah yang meneruskan udara segar dari depan. Untuk menambah baterai smartphone, tersedia power outlet USB pada konsol box tengah.

Kesimpulan

Dengan pilihan mesin hybrid yang dimilikinya, Corolla Cross dapat diandalkan untuk para pemilik yang suka mengemudikan mobil sendiri. Menawarkan kelincahan di perkotaan dengan dimensi yang cukup luas untuk ditumpangi 5 orang dewasa, tentu menjadi nilai lebih mobil ini. Secara desain memang tidak terlalu menarik, namun dibanderol dengan harga yang relative terjangkau untuk mobil hybrid, bisa menjadi keunggulan tersendiri Corolla Cross.

Kelebihan

1. Fitur berlimpah untuk mobil di kelasnya

2. Standar keselamatan terbaik di kelasnya

3. Hybrid termurah di Indonesia 

Kekurangan

1. Mesin kurang bertenaga

2. Kualitas interior terkesan biasa saja 

3. MID terlalu simpel

Spesifikasi

Toyota Corolla Cross Hybrid 2020

Harga : Rp 497.800.000

Kapasitas mesin : 1.798 cc 4-silinder

Tenaga maksimum: 98 ps

Torsi maksimum: 142 Nm

Penggerak : Roda Depan 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com