FIRST DRIVE: Mitsubishi Eclipse Cross

FIRST DRIVE: Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross telah debut pada ajang GIIAS 2019 lalu. Kehadiran compact SUV ini praktis menantang para rival-rivalnya di Indonesia, seperti Toyota C-HR, Mazda CX-3, Hyundai Kona dan model lainnya.

Model ini hadir dengan bahasa desain Mitsubishi terkini, yakni Dynamic Shield pada fascia depannya seperti Xpander, Triton, dan Mitsubishi Pajero Sport. Namun, mobil ini memiliki keunikan tersendiri pada bagian belakangnya, yakni kaca belakang dual stage atau dua tingkat yang terletak pada pintu bagasinya.

 

Lantas, fitur andalan apa yang ada pada mobil ini? Dua sunroof hadir pada kabin Eclipse Cross sehingga menghasilkan kesan luas pada ruang interiornya. Tak hanya itu, Eclipse Cross juga hadir dengan beberapa fitur menarik lainnya, yakni Head Up Display, sistem entertainment terintegrasi yang dilengkapi dengan touchpad, jok dengan pemanas dan jok elektrik.

Tak sampai di situ, fitur keamanan canggih juga diaplikasi pada mobil ini. Seperti Forward Collision Mitigation, Blind Spot Monitor, dan Adaptive Cruise Control. Sayangnya, fitur Lane Departure Warning absen pada pesaing Toyota C-HR ini. Lantas bagaimana rasa berkendaranya?

Saat menyandarkan badan di kursi, Anda akan merasakan rasa berkendara yang menyenangkan berkat berbagai pengaturan jok dan setir yang dapat diatur secara tilt maupun teleskopik.

 

Karakter suspensinya pun sangat empuk. Sisi baiknya, mobil ini sangat nyaman saat dikendarai pada kecepatan rendah. Akan tetapi ada sedikit gejala limbung ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi dan bermanuver.

Soal tenaga mesinnya, Eclipse Cross dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 163 dk dan torsi 250 Nm berpadu dengan transmisi CVT. Perpaduan antara mesin dan transmisinya ini membuahkan tenaga yang cukup impresif serta kehalusan berkendara yang baik. Tak hanya itu, konsumsi BBM-nya juga tergolong irit.

Satu hal lagi yang membuat kami takjub akan Eclipse Cross adalah tingkat Noise Vibration Harness-nya alias NVH.

Ketika berkendara dengan Compact SUV ini, tingkat road noise-nya sangat baik dan peredaman kabinnya patut diacungi jempol.

 

Kesimpulan

Mitsubishi Eclipse Cross merupakan penantang baru pada segmen yang penghuninya cukup ramai. Ia hadir dengan fitur-fitur canggih setara dengan pesaingnya Toyota C-HR namun dengan harga jual yang lebih menggiurkan. Tenaga mesinnya sangat baik, peredaman kabinnya luar biasa, konsumsi BBM irit, ruang kabin lega. Akan tetapi tentu mobil ini memiliki berbagai catatan, seperti absennya fitur Lane Departure Warning dan adanya gejala limbung pada kecepatan tinggi.

Kelebihan

  1. Ruang kabin sangat kedap
  2. Tenaga mesin mumpuni
  3. Fitur keselamatan berbasis radar cukup lengkap

Kekurangan

  1. Fitur radar Lane Departure Warning absen
  2. Sedikit limbung ketika kecepatan tinggi

Spesifikasi

Mitsubishi Eclipse Cross

Harga: Ultimate Red Diamond: Rp 483 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder turbo

Tenaga maksimum: 163 dk

Torsi maksimum: 250 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto Tambahan

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com