First Drive: Suzuki XL7 Alpha AT

First Drive: Suzuki XL7 Alpha AT

Suzuki akhirnya resmi menjual XL7 di Indonesia sejak 15 Februari 2020. Mobil ini merupakan sebuah SUV yang dibangun dengan basis yang sama dengan Ertiga. Namun sebelum peluncuran resminya di tanah air, redaksi OtoDriver diberi kesempatan untuk menguji ketangguhan lawan Xpander Cross dan Honda BR-V ini.

Mengusung tampilan layaknya sebuah mobil segala medan, XL7 memiliki ciri khas grill baru, lampu LED, under guard di depan dan belakang serta roof rail yang membuat tampilannya semakin macho. Sementara itu peleknya juga berbeda jika dibandingkan Ertiga standar.

Setelah memperhatikan tampilannya yang menawan, kami pun tak sabar untuk menguji performanya. Tak lama berselang, kami masuk ke dalam kabin XL7, dan beruntung kami mampu mendapatkan posisi mengemudi yang nyaman meskipun setir hanya bisa diatur tilt tanpa telescopic dan pengaturan kursi hanya bisa maju-mundur serta pengatur sandaran.

 

Meski begitu jika diperhatikan, dasbor, head unit dan tampilan A/C terlihat mirip dengan Ertiga. Hanya saja pada XL7 terkesan lebih sporty dengan penggunaan warna gelap. Yang terlihat disekujur kabinnya. Namun secara keseluruhan Anda akan menemukan hal yang serupa dengan Ertiga, apalagi jika Anda melihat tampilan Ertiga Sport Suzuki Sport.

Yang menarik, mobil ini memiliki dimensi sedikit lebih besar dari saudaranya. Panjangnya mencapai 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm dengan wheelbase 2.740 mm. Ia lebih panjang 55 mm, lebih lebar 40 mm, lebih tinggi 20 mm. Namun yang menarik, XL7 tampil dengan ground clearance lebih tinggi 20 mm ketimbang Ertiga. Hal ini membuatnya lebih tangguh untuk melibas jalanan berkontur tida rata.

 

 

Kami pun hanya mencobanya di area parkir Suzuki saja dan itu cukup terbatas. Alhasil tak banyak yang bisa kami eksplor mengenai pengaturan terbaru pada mesinnya.

Karena seperti yang disampaikan Donny Saputra selaku Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, konsumsi bahan bakar XL7 sedikit lebih baik jika dibandingkan Ertiga standar meski keduanya sama-sama bertransmisi otomatik. Hal tersebut dipengaruhi oleh perbedaan bobot dan ukuran roda yang lebih besar. Jika Ertiga mencapai 15,43 km/liter, XL7 ini mampu mencatatkan 15,78 km/liter hasil klaim Suzuki.

Padahal jika diperhatikan mesinnya pun sama, mengusung K15B berkapasitas 1.462 cc yang punya tenaga 104,7 ps pada rpm 6.000 dan torsi mencapai 138 Nm pada rpm 4.000. Tenaganya sama-sama disalurkan ke gerak roda depan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatik 4 percepatan.

 

Saat mencobanya berputar, mobil ini punya setir yang cukup ringan untuk bermanuver, kemudian radius putarnya yang mencapai 5,1 meter membuatnya mudah diajak memutar di area yang sempit. Sementara karena ground clearancenya lebih tinggi, praktis terasa pengaturan suspensinya lebih keras. Namun tak membuat mobil ini jadi berguncang berlebihan ketika melewati jalan tidak rata.

Lalu sebagai mobil keluarga modern, kami melihat XL7 juga sudah dipersenjatai dengan banyak fitur keselamatan seperti ABS, EBD, rear parking sensor, Dual SRS Airbags, Isofix, Side impact beam, security alarm, Electric stability program dan hill hold control.

Kesimpulan

Meski mengusung embel-embel sebagai sebuah SUV, nyatanya XL7 masih sangat mirip dengan karakter Ertiga biasa. Namun dengan tampilannya yang lebih gagah dan lampu serta DRL LED yang digunakannya, tentu para konsumen pria akan lebih menyukainya.

Suzuki XL7 Alpha AT
Harga: Rp 230-267 juta 
Mesin: K15B 1.462 cc
Tenaga: 104,7 ps/6.000 rpm
Torsi: 138 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi: otomatik 4 percepatan.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com