FIRST DRIVE: Suzuki XL7 Hybrid

FIRST DRIVE: Suzuki XL7 Hybrid

OTODRIVER - Suzuki New XL7 hadir dengan beberapa penyegaran dan tentu yang paling ditekankan adalah teknologi hybrid ringan yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Setelah peluncuran perdananya pada 15 Juni 2023 lalu, kami berkesempatan untuk mengetes XL7 facelift ini langsung di Yogyakarta.

Berbagai rute kami tempuh dengan medan yang cukup variatif, seperti jalanan kota, perbukitan, dan juga jalan menanjak dan berlubang.

Saat pertama kali duduk di balik kemudinya, terasa perubahannya memang cukup minim bila dibandingkan dengan XL7 sebelum facelift.

Ada beberapa fitur baru yang terdapat pada mobil ini, seperti Cruise Control, E-Mirror yang lebih High Definition dan pengaturan Touch Screen, Auto Headlamp, serta Follow Me Home Light.

Selain itu, ada satu perubahan yang terlihat, yakni aksen black wood panel pada bagian dasbornya.

Saat berjalan, terasa karakter mesin LSUV ini cukup mirip dengan Ertiga yang terasa effortless ketika Intergrated Starter Generator alias ISG bekerja dalam artian adanya dorongan sedikit tenaga untuk meringankan kinerja mesin konvensionalnya.

Terutama saat menapak jalan pegunungan di daerah Gunung Kidul, dorongan ISG-nya menciptakan dorongan tenaga bagi mesin bensinnya dan puncak figur tenaga serta torsi diraih dengan cukup instan.

Fitur Idling Stop System juga tetap hadir di XL7 ini dengan support dari baterai Lithium-Ion berkapasitas 10 aH.

Kami sudah mengetes kinerja fitur Idling Stop System ini dan terasa tidak jauh berbeda dengan Ertiga walau kapasitas baterainya lebih besar.

Hanya saja, waktu berhentinya mesin bisa lebih lama dibandingkan Ertiga tapi  kompresor AC non aktif ketika fitur ini bekerja.

Soal suspensi, terasa XL7 memiliki karakter empuk dan cukup nyaman tetapi cukup terprediksi ketika bermanuver.

Terasa memang tidak ada perubahan rasa suspensi antara XL7 facelift dan non facelift.

Kesimpulan.

Suzuki XL7 Hybrid kami nilai mengusung perubahan yang terbilang positif dengan adanya perubahan mekanisme mesin dan juga fitur baru yang diusungnya.

Dengan melalui medan jalan yang cukup berat di sekitar Yogyakarta, konsumsi BBM yang dihasilkan cukup baik.

Kelebihan

  1. Konsumsi BBM irit
  2. Bantingan suspensi nyaman
  3. Handling baik

Kekurangan

  1. AC terasa tidak bekerja saat Fitur Idling Start Stop beroperasi
  2. Posisi berkendara bukan yang terbaik di kelasnya

Spesifikasi

Suzuki XL7 Hybrid Alpha AT

Harga: Rp 304,9 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 104 dk

Torsi maksimum: 138 Nm

Penggerak: Roda depan (AW).

 

Foto tambahan

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com