Ypsilon HF, Kembalinya Lancia Ke Ajang Reli Dunia

Lancia akan masuk orbit reli di kelas Rally4
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Senin, 3 Juni 2024 11:00 WIB
Berita - Ypsilon HF, Kembalinya Lancia Ke Ajang Reli Dunia
Bagikan ke:

OTODRIVER - Lancia merupakan sebuah nama yang cukup lekat dengan dunia reli, setidaknya itu dulu. Di masa lalu, Lancia dikenal sebagai pabrikan mobil Italia yang cukup sukses dalam sejarah Kejuaraan Rally Dunia (WRC), di mana telah meraih 10 gelar juara konstruktor (1974-1976, 1983, 1987-1992).

Lancia sendiri belum lama ini kembali menghidupkan merek legendaris HF (High Fidelity), tepatnya pada Maret lalu. Brand asal Italia itu terfokus pada kendaraan berperforma tinggi. Terbaru adalah Ypsilon HF, mobil dengan jantung mekanis elektrifikasi yang dikenalkan beberapa waktu lalu dan akan mendebut pada 2025.

Foto - Ypsilon HF, Kembalinya Lancia Ke Ajang Reli Dunia
Lancia Ypsilon HF versi jalan raya

Ypsilon HF baru adalah Lancia listrik pertama yang menyandang label HF. Ia menggunakan menyalurkan 237 tenaga kuda ke roda depan melalui motor listrik yang dipasang di depan, naik dari 154 tenaga kuda di mobil standar.

Ini adalah powertrain yang sama yang digunakan oleh Fiat 600e versi Abarth serta Alfa Romeo Junior Veloce. Lancia mengklaim bahwa HF akan diluncurkan dari nol hingga 62 mph dalam waktu 5,8 detik. Baterai 54,0 kWh menjadi jantung penghasil daya, dan jangkauan kemungkinan akan terpukul dari perkiraan standar Ypsilon yang mencapai 250 mil.

Lancia Ypsilon dibidik menjadi kandidat kemunculan kembali di ajang reli dengan Ypsilon Rally 4 HF Namun bukan berwujud mobil listrik seperti versi road carnya.

Dikutip dari caranddrive, Ypsilon Rally 4 HF ditenagai oleh pembakaran internal, dengan mesin 1.2 liter tiga silinder turbocharged yang menyemburkan 209 tenaga kuda. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui gearbox sekuensial lima percepatan dan mekanikal limited-slip differential (LSD). HF, seperti yang ditunjukkan oleh keluaran tenaganya, tidak berkompetisi di kelas teratas Kejuaraan Reli Dunia, melainkan masuk ke dalam kategori Reli Grup 4 FIA.

Foto - Ypsilon HF, Kembalinya Lancia Ke Ajang Reli Dunia
Lancia Ypsilon Rally 4 HF

Langkah ke kelas Rally4 berbasis produksi berpenggerak dua roda tampaknya menjadi jalur paling mungkin untuk kembalinya Lancia ke kompetisi untuk saat ini.

Berita mengenai kembalinya Lancia merupakan kabar yang menggembirakan bagi dunia motorsport, walaupun hingga saat ini belum diketahui Ypsilon Rally4 pertama akan memulai debutnya di arena reli.(SS)

 

#lancia-ypsilon #lancia-ypsilon-rally4 #lancia-hf

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.