Toyota Tersandung Masalah Sertifikasi. Berdampak Pada Produk MPV, Van, SUV Hingga Truk

Toyota Tersandung Masalah Sertifikasi. Berdampak Pada Produk MPV, Van, SUV Hingga Truk

OTODRIVER- Belum usai juga badai soal teknis bagi Toyota di Jepang, seperti dilansir oleh Car Watch pekan ini (14/2). Produksinya dihentikan sementara terhitung mulai tanggal 13 Februari 2024 karena masalah “certification fraud”. Seperti yang terjadi pada saudaranya, Daihatsu, yang menghebohkan itu.

Hal ini diumumkan secera resmi pada situs resmi Toyota di Jepang minggu ini (13/2). Secara spesifik hal ini berkaitan dengan kinerja suku usaha Toyota dalam pembuatan mesin, Toyota Industries Corporation (TICO), dalam proses produksi mesin diesel di mana peranti ECU saat dilakukan beragam uji teknis ternyata tidak memakai seri modul yang sama ketika produksi massal.

Sejumlah produk versi JDM yang bermesin 1GD seperti; HiAce (versi mulai November 2019), Regius Ace (versi mulai Desember 2017), Land Cruiser Prado (versi mulai Agustus 2020), Dyna 1t (versi mulai Juli 2021), Hilux bermesin 2GD (versi mulai Agustus 2020), Land Cruiser 300 mesin F33A (versi mulai Agustus 2021).

Belum Perlu Recall

Persoalan itu juga berimbas pada unit produksi yang berada di wilayah Inabe di mana Alphard dan Velfire dibangun. Pabrik yang sama menghasilkan HiAce dan Gran Ace.

Sebagai catatan, baik Alphard dan Velfire pembuatannya dilakukan pada dua unit pabrik Toyota yang ada di Inabe dan Fujimatsu. Dan karena begitu banyak produk di unit produksi Inabe yang dicurigai punya masalah maka kedua Big MPV itu juga harus diteliti ulang untuk hal yang serupa.

Walau begitu pihak Toyota mengeluarkan pernyataan pada situs resmi yang sama bahwa dalam hal unit yang sudah di tangan pemilik belum perlu dilakukan tindakan seperti recall karena secara umum tidak punya masalah dalam hal kinerja. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com