Toyota Supra dan BMW Z4 Terancam Stop Produksi?

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Senin, 3 Juni 2024 09:40 WIB
Berita - Toyota Supra dan BMW Z4 Terancam Stop Produksi?
Bagikan ke:
Penjualan rendah menjadi salah satu spekulasi penyebabnya

OTODRIVER - Sebuah sinyal mengindikasikan bahwa Toyota Supra dan BMW Z4 akan dihentikan pada tahun-tahun mendatang.

Laporan dari Auto News mengabarkan bahwa Magna Steyr di Graz, Austria yang menjadi pusat produksi kedua mobil tersebut akan merumahkan 500 karyawannya.

Meski tidak disebutkan secara spesifik mengenai Supra ataupun Z4, namun fasilitas tersebut menjadi tempat produksi juga bagi beberapa kendaraan seperti Jaguar E-Pace, Jaguar I-Pace, Fisker Ocean termasuk BMW Seri 5 di mana mobil-mobil tersebut dikabarkan akan dihentikan produksinya di tempat itu.

Auto News menanyakan kepada seorang eksekutif Toyota mengenai masa depan Supra, mereka pun menyatakan belum ada pengumuman mengenai hal tersebut pada saat ini. Namun, publikasi tersebut mendorong adanya informasi lebih lanjut, sehingga wakil presiden Toyota Motor North America Group Dave Christ menyatakan, “Kami bermitra dengan BMW dan ini berhasil. Kami sedang mengevaluasi langkah selanjutnya.”

Eksekutif tersebut kemudian melanjutkan dengan berkata, “Saya pikir jika kita ingin membangun sesuatu, kita akan memikirkan cara untuk membangunnya.” Hal ini membuat spekulasi bahwa Toyota berencana membuat Supra generasi berikutnya sendiri atau mungkin mereka sedang mempertimbangkan untuk membuat sesuatu yang sama sekali berbeda.

Jika Toyota memutuskan untuk membuat Supra baru sendiri, biayanya mungkin sulit untuk direalisasikan karena alasan kolaborasi dengan BMW adalah untuk menekan biaya. Alternatifnya, jika merek Jepang memutuskan untuk membuat sesuatu yang baru daripada Supra, kita mungkin akan melihat kembalinya label lama seperti MR2 atau Celica, meskipun hal ini sepertinya tidak akan terjadi untuk saat ini.

Faktanya, saat ini penjualan kedua kendaraan yang rendah dan perkembangan teknologi elektrifikasi yang akan terjadi baik untuk Toyota maupun BMW, mungkin kedua produsen mobil tersebut telah berbicara secara tertutup tentang masa depan Supra dan Z4. Namun hingga detail baru atau resmi keluar dari salah satu merek, kami akan terus mencermati masalah ini. (SS)

#toyota-supra #bmw-z4 #magna-styer #end-production

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.