Suzuki Jimny Pikap Dikabarkan Dalam Tahap Pengembangan

Jimny pikap akan melengkapi varian Jimny yang ada saat ini?
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 29 Juni 2024 10:54 WIB
Berita - Suzuki Jimny Pikap Dikabarkan Dalam Tahap Pengembangan
Bagikan ke:

OTODRIVER - Saat ini Suzuki Jimny memiliki dua pilihan yakni versi tiga pintu dan lima pintu, artinya Jimny punya opsi short dan long wheelbase. Hal ini mengingatkan kembali pada kita bahwa di masa lalu, khususnya di masa Jimny Generasi II hadir, produk berlogo S ini punya opsi pada panjang wheelbasenya Tak hanya itu Gen II Jimny punya pilihan versi pikap dan soft-top, di mana pilihan tersebut tidak tersedia pada produk terkininya.


Walau demikian, ternyata pihak Suzuki diindikasikan tengah menyiapkan kejutan dan hal tersebut merujuk pada kehadiran kembali versi pikap.


Dikutip dari carscoops, isyarat tersebut datang dari Australia, di mana Michael Pachota, General Manager Suzuki Australia mengisyaratkan bahwa versi pikap tersebut masih dalam tahap pengembangan. “Proyek ini menurut saya belum mati. Bayangkan sebuah Jimny dengan dua bangku di depan dan tak ada bangku di belakangnya,” tutur Pachota. 

Foto - Suzuki Jimny Pikap Dikabarkan Dalam Tahap Pengembangan
Jimny Pikap ala Carscoops


Untuk memperjelas wujudnya, tim Carscoops pun mencoba membuat Jimny dalam wujud rendering yang mengambil basis dari Jimny 5 doors. Jika dilihat wujudnya nampak extended cab di belakang pintunya. Kurang lebih resepnya mirip dengan Suzuki SJ413 Carribian yang sempat dipasarkan di Indonesia belasan tahun silam.

Foto - Suzuki Jimny Pikap Dikabarkan Dalam Tahap Pengembangan
Jimny Pikap rendering Thiophilus Chin


Mengenai rendering, sebelumnya pernah muncul versi Jimny pikap dari desainer independent Theophilus Chin yang wujudnya mendekati Jeep JT Gladiator versi mini.

Baca juga: Suzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap


Sebenarnya kehadiran Jimny generasi IV dalam wujud pikap ini bukanlah ide yang sama sekali baru. Memang Suzuki belum pernah menghadirkan wujud pikap secara resmi, namun beberapa konversi pikap Jimny Gen VI telah muncul di beberapa tempat. Salah satunya dipajang di Tokyo Auto Salon 2019 silam.

Foto - Suzuki Jimny Pikap Dikabarkan Dalam Tahap Pengembangan
jimny pikap Tokyo Auto Salon 2019


Selain pikap, Pachota juga membahas mengenai kemungkinan kehadiran Jimny Hybrid sebagai suatu solusi untuk menekan emisinya. Seperti diketahui, Suzuki Jimny terbaru ini pun tengah menghadapi ketatnya peraturan emisi terutama di sejumlah negara di kawasan Eropa. 


“Saya ingin melihat variasi lain dari produk Jimny – variasi yang bahkan mungkin dapat membantu NVES (New Vehicle Efficiency Standard),”ungkapnya.


Suzuki Jimny Hybrid ini merupakan solusi mudah untuk menekan emisi. Sementara saat ini, wujudnya berupa mesin bensin 1.5 liter yang diakurkan dengan mild hybrid. Kabarnya akan hadir pada 2024 atau 2025.


Pachota tidak membeberkan spesifikasi calon mesin hybrid tersebut, dan mengaku masih belum mengetahui detailnya. 


Perlu disebutkan bahwa sekarang Jimny akan segera menjadi satu-satunya model non-hibrida Suzuki yang dijajakan di Eropa dan Australia.  Hal ini yang menyumbang kepercayaan bahwasanya elektrifikasi pada Jimny akan segera terjadi. (SS)

#jimny-pikap #jimny-pikap-rendering #jimny-gen-iv-pikap #suzuki-jimny-pikap

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.