50 Tahun Suzuki, Berjaya Dengan Carry

50 Tahun Suzuki, Berjaya Dengan Carry

Tahun 2020 ini menjadi ulangtahun setengah abad kiprah Suzuki di Indonesia. Brand berlogo S ini resmi melenggang di tanah air sejak 1970 silam. Produk pertamanya adalah pikap ST20 bermesin 2 tak tiga silinder 550 cc. Uniknya nama mobil ini justru mulai tercium harumnya dari Sulawesi Utara, tepatnya di antara para petani cengkeh.

Seperti pernah disampaikan oleh Soebronto Laras,  Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Tbk beberapa waktu silam bahwa mobil Suzuki mulai mencetak sukses di Indonesia berkat petani cengkeh di Manado yang tanpa ragu memborong mobil tersebut saat panen raya cengkeh.

Kesuksesan ini kemudian menular ke pulau Jawa, dan bahkan di pulau batik ini, ST20 difungsikan juga sebagai kendaraan penumpang. Hal ini terjadi saat kemunculan industri karoseri yang bermunculan pada era 70-an.

Kesuksesan Carry, kemudian disusul dengan produk-produk lain seperti Suzuki Fronte Hatchback pada pertengahan 70-an hingga Jimny yang hadir di penghujung 70-an.

Dikarenakan selalu bermain dengan produk berukuran mungil, maka Suzuki pun masyur sebagai produsen mobil imut di tanah air.

Memasuki era 80 hingga sekarang, jumlah model pun semakin bertambah dan beraneka ragam. Demikian pula dengan ukurannya pun mulai beragam dan membesar.

Suzuki Indonesia pun menjelma menjadi salah satu pabrikan mobil terbesar di tanah air. Produknya pun tak hanya dinikmati di pasar domestic, namun merambah juga hingga manca negara mulai dari kawasan Asia hingga Amerika Latin

Kembali ke Carry. Model ini rupanya selalu menjadi kunci khusus bagi Suzuki. Sampai saat ini pikap ini tetap menjadi tulang punggung Suzuki di Indonesia. Bahkan generasi terbaru yang diluncurkan pada April 2019  langsung menunjukkan taringnya. Pikap rakitan dalam negeri ini menjadi penguasa pasar di segmennya dalam waktu kurang dari 10 bulan.

Selamat Ulangtahun emas Suzuki..

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com