Periklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

PEVS selalu mengalami peningkatan dan perkembangan dari tahun ke tahun
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Jumat, 3 Mei 2024 13:15 WIB
Berita - Periklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia
Bagikan ke:

OTODRIVER - Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) dan Dyandra Promosindo menggelar bahwa Pameran Khusus Kendaraan Listrik, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024. Ini adalah pameran ketiga sejak pertama digelar pada 2022 silam dan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PERIKLINDO, pameran ini diharapkan dapat menjadi platform terbaik bagi industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Perkembangan PEVS 2024 menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mempromosikan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan hadirnya puluhan merek yang berpartisipasi dan peningkatan fasilitas pameran dari satu hall menjadi empat hall, ini adalah prestasi yang luar biasa dalam hal promosi," ucapnya dalam acara Press Conference di Kemayoran, Jakarta beberapa waktu silam.

Dari waktu ke waktu, Indonesia semakin memantapkan diri untuk berkontribusi dalam perkembangan EV dunia dengan semakin banyaknya APM dan juga bertumbuhnya pendukung industry EV di tanah air. Brand yang mengusung produk-produk kendaraan listrik baik dari mobil ataupun transportasi lain semakin menjamur. Hal ini tak lepas dari dukungan penuh pemerintah Indonesia dalam menetapkan aturan yang menjadi landasan kuat untuk mempercepat pertumbungan industri EV nasional.

"PEVS 2024 tidak hanya sekedar pameran kendaraan listrik, namun juga jembatan untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kami memiliki program unggulan seperti business matching, seminar edukasi, dan berbagai hiburan menarik untuk dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat,” jelas Rudi MF, Project Manager PEVS 2024.

Rudi menambahkan, penyelenggaraan PEVS 20204 bukti dukungan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Selain itu juga menjadi ajang hiburan yang menyenangkan dan informatif bagi masyarakat. Berbagai acara menarik seperti Motorcycle Fun Run, Formula Student Show Off, PEVS Parade & Catwalk, Miss PEVS, PEVS Push Bike Race, EVolution Seminar, EV Riding, EV Morning Run, Electric Board & Scooter, drone show race, EV Fire Extinguish  dan yang terbaru adalah Buyers EVening Gathering yang akan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung dan semua partisipan.

Foto - Periklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia
Moeldoko dan PEVS

Dalam kesempatan ini pun disampaikan bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) menerapkan langkah strategis dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menjelaskan PLN memberikan dukungan penuh terhadap ekosistem kendaraan listrik melalui penyediaan infrastruktur secara masif di tanah air. Hingga saat ini, sudah ada 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang disediakan oleh PLN bersama mitra,  9.800 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 1.900 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU).  

“Tahun ini kami akan menambah lagi 2.000 SPKLU yang akan kami pasang di tiang listrik, baik itu ditanam pada tiang besi dan untuk yang ditempel pada tiang beton. Kami juga terus bekerja sama dengan berbagai stakeholder seperti Periklindo untuk mengedukasi masyarakat agar beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ucap Edi.

Edi menambahkan bahwa pada tahun 2024 ini pemudik Lebaran mulai percaya diri mudik dengan mobil listrik. Ia mengatakan bahwa terdapat kenaikan lima kali lipat dari tahun sebelumnya dan sejauh ini berhasil diakomodir keperluhan pengecasan tanpa ada keluhan dan antrian yang menumpuk.

PEVS digelar mulai tanggal 30 April hingga 5 Mei 2024, bertempat di di JIExpo, Kemayoran, menggunakan seluruh Hall A, B, dan C pada area lahan seluas 49.499 m2.

Tampil dalam pameran ini brand EV seperti BMW, BYD, Chery, Hyundai, MAB, MG, Neta, Seres, Tesla (Prestige Image Motorcars) dan Wuling. Sementara dari roda dua akan hadir AHM, Gesits, Keeway, Kymco, Rakata, VMove, Volta, dan ZPT. Di sisi lain, perusahaan pendukung otomotif listrik ternama seperti Astra Otoparts, DUBBS, PT Energi Vertikal Indonesia, Gotion High-Tech, Hardy Motor, HEX UP, Ni Xing, Powerindo, SSKTama, Starvo, dan TL Power. (SS)

Foto - Periklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia
MG sebagai salah satu brand yang hadir di PEVS 2-24

#periklindo #pevs-2024 #ekosistem-mobil-listrik-indonesia

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.