Jokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Sendiri Untuk Kendaraan Listrik

Penulis: Ahmad Biondi
Sabtu, 4 Mei 2024 14:50 WIB
Mobil Listrik - Jokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Sendiri Untuk Kendaraan Listrik
Bagikan ke:
Dengan banyaknya produsen luar yang berlomba-lomba berjualan kendaraan listrik di Indonesia, Jokowi menganggap tanah air bakal punya ekosistem sendiri yang kuat.

OTODRIVER - Dalam kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/2024) sore.

Jokowi sempat menghampiri beberapa booth peserta pameran, seperti NEU, Keeway EV, BYD, Mobil Anak Bangsa (MAB), dan PT PLN (Persero).

Foto - Jokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Sendiri Untuk Kendaraan Listrik
Jokowi mampir ke booth PLN di PEVS 2024

Selain itu, Presiden juga melakukan kunjungan ke area pameran Asiabike Jakarta di Hall A, JIExpo Kemayoran seperti Yadea, Sunra, Aima dan Tailg.

Kehadirannya dalam pameran tersebut, didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, serta Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono.

Presiden menyambut baik pameran kendaraan listrik ini. Terlebih pameran ini diisi beragam jenis kendaraan listrik, mulai dari sepeda motor, mobil, truk, dan bus.

Dirinya optimistis, Indonesia akan memiliki ekosistem kendaraan listrik sendiri di masa depan. Pasalnya, dari sisi produksi Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar.

Tak hanya itu, Indonesia juga akan segera memiliki pabrik industri baterai yang akan mulai berproduksi pada bulan depan.

"Dan kalau melihat misalnya kayak kendaraan listrik, sepeda motor listrik itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja. Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali," terang Jokowi usai berkeliling PEVS 2024.

"Yang kedua, nanti bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun," tambahnya. (AB)

#pevs-2024 #jokowi #mobil-listrik

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.