Next Generation Toyota Fortuner Akan Hadir 2026. Tidak Pakai Platform TNGA

Akan meluncur dahulu di Thailand, sedangkan jadwal di Indonesia belum diketahui
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Jumat, 9 Agustus 2024 06:00 WIB
Berita - Next Generation Toyota Fortuner Akan Hadir 2026. Tidak Pakai Platform TNGA

Ilustrasi Next Gen Fortuner

Bagikan ke:

OTODRIVER - Melihat dari sejarah Toyota Fortuner, generasi pertama diperkenalkan pada 2004 dan berakhir pada 2015. Artinya model ini punya siklus hidup 11 tahun hingga diperkenalkannya generasi II yang terjadi pada tahun 2015 juga.

Jika mengacu pada siklus hidup Fortuner Generasi I, maka langkah generasi II akan disudahi pada 2026 mendatang.

Belum lama ini kami mendapatkan informasi mengenai masa depan SUV yang cukup laris di Indonesia ini.  Sepertinya ia akan mengikuti jejak ‘kakak tertuanya’ ini untuk turun panggung pada usia 11 tahun.

“Generasi II yang ada saat ini akan digantikan generasi III dan itu akan terjadi pada 2026 mendatang. Bisa jadi akan terjadi pada April 2026,” terang pemberi info yang tak mau diungkap identitasnya ini.

“Ini akan terjadi di Thailand, sedangkan kapan peluncuran di Indonesia belum diketahui,” imbuhnya.

Baca juga : Fortuner Mild Hybrid Meluncur Di Afsel, Begini Cara Kerja Mesin Barunya

Kami pun menanyakan mengenai kemungkinan apakah gen III ini akan menggunakan platform TNGA-F seperti yang digunakan pada Land Cruiser 250 atau 300. Setelah sebelumnya ramai tersiar selentingan bahwa The Three Ovals akan mengkaryakan platform TNGA-F alias GA-F yang khusus sasis tangga untuk Next Gen Fortuner.

“Sepertinya tidak (menggunakan platform TNGA-F), karena sepertinya tetap akan menggunakan platform IMV. Seperti yang digunakan pada model yang saat ini dijual,” sambungnya.

Walau demikian, namun untuk spesifikasi detailnya belum diketahui. Kami hanya berspekulasi bahwa pilihan mesin diesel masih akan hadir salah satunya dengan mesin 1GD-FTV 2.8 liter. Tak menutup kemungkinan jika akan mengadopsi teknologi mild hybrid seperti yang sudah dijejalkan pada Fortuner yang  saat ini dijajakan di beberapa wilayah salah satunya Afrika Selatan ataupun milik Hilux saat ini.

Kita tunggu saja tanggal mainnya (SS)

#toyota #fortuner

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.