Menteri Investasi Tandatangani Izin Import BYD. Titik Terang Terlambatnya Delivery Pemesanan

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 12 Juni 2024 14:02 WIB
Berita - Menteri Investasi Tandatangani Izin Import BYD. Titik Terang Terlambatnya Delivery Pemesanan
Bagikan ke:
BYD hadir dalam tiga model

OTODRIVER - Build Your Dream (BYD) merupakan salah satu brand yang disambut antusias oleh pasar Indonesia. Pabrikan asal Tiongkok ini pun mengenalkan tiga model EV sekaligus yakni Seal, Atto 3 dan Dolphine sejak Februari silam.

Sayangnya antusiasme pasar ini menemui handicap dengan lamanya masa tunggu kedatanganan unitnya. Bahkan ada informasi yang mengatakan beberapa pemesan sudah membatalkan orderannya.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia membeberkan alasan di balik belum terealisasi proses distribusi BYD ini. Bahlil mengatakan bahwa pihaknya baru saja menandatangai rekomendasi izin impor mobil listrik secara utuh (completely built up) alias CBU BYD berdasarkan nilai investasi dan kapasitas produksi pabriknya yang ada tengah didirikan di Indonesia.

“Saya baru menandatangani rekomendasi perizinan untuk import (BYD). Karena sebelum melakukan impor BYD harus mempresentasikan berapa nilai inverstasinya, berapa kapasitas produksi dan berapa lama akan melakukan investasi,” tutur Bahlil, di kutip dari money.kompas.com.

Bahlil menjelaskan bahwa pengiriman unit EV BYD ini tersendat dikarenakan realisasi investasi BYD di Indonesia baru sekitar 10-20 persen dari total kapasitas produksinya. “Jadi kita kasih dulu impornya 10-20 persen,” tandasnya. 

Sebelumnya Luther Panjaitan, Head of Marketing & Communication PT BYD Motor Indonesia mengatakan dalam proses impor kendaraan banyak prosedur internal dan eksternal yang harus dilewati.

“Prosedur internal bisa BYD kontrol, contonya pengiriman, pasokan, distribusi ataupun hal lain seperti pengerjaan dokumen seperti proses STNK, holomogasi atau lainnya,” ungkapnya beberapa waktu silam di depan awak media.

Luther menyebutkan bahwa masalah internal tidak ada masalah. “Sekarang tinggal faktor eksternal yang sifatnya tidak bisa BYD kontrol. Hal tersebut tergantung dengan beberapa pihak lainnya,” sambungnya.

Dengan ditandatanginya rekomendasi izin import ini maka diharap titik terang masa penantian para pemesan BYD di Indonesia. (SS) 

#byd #menteri-investasi-indonesia #byd-indonesia

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.