Mayoritas Pedagang Mobil Bekas Belum Berani Sentuh Mobil Listrik

Penulis: Aditya Widiutomo
Kamis, 30 Mei 2024 09:00 WIB
Berita - Mayoritas Pedagang Mobil Bekas Belum Berani Sentuh Mobil Listrik
Bagikan ke:
Mobil listrik memang dinilai memiiki cukup banyak benefit jika dibandingkan dengan mobil ICE

OTODRIVER - Mobil listrik memang dinilai memiiki cukup banyak benefit jika dibandingkan dengan mobil internal combustion engine (ICE). Kendati demikian, ada satu hal yang kini menjadi keraguan saat memiliki mobil listrik, yakni soal harga jual kembalinya yang cenderung terjun bebas.

Banyak faktor yang menyebabkan kurang stabilnya harga bekas mobil listrik di pasaran. Salah satunya adalah harga komponen baterai yang disebutkan tidak murah.

Foto - Mayoritas Pedagang Mobil Bekas Belum Berani Sentuh Mobil Listrik
Wuling Air ev

Dan fenomena menarik lainnya, ternyata sejumlah pedagang mobil bekas justru tidak berani untuk membeli mobil listrik bekas. Kami pun telah menghubungi beberapa pemilik showroom mobil bekas terkait fenomena ini.

Salah satunya adalah Calvin selaku pemilik showroom Fatmawati Jaya Motor di kawasan Jakarta Selatan. Ia menjelaskan bahwa pihaknya tidak pernah membeli mobil listrik bekas untuk dijual kembali karena beberapa alasan.

“Menurut saya pasarnya belum siap (mobil listrik bekas). Jadi hingga saat ini kami belum pernah membeli mobil listrik bekas untuk kami jual kembali,” jelasnya ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (28/5).

Sementara Prayuda Adi pemilik Showroom mobil bekas IEV Autosales di kawasan Blok M Jakarta Selatan juga mengungkapkan hal yang sama. Bahkan ia juga menjelaskan bahwa saat ini cukup jarang pemain mobil bekas yang berani memperjualbelikan mobil listrik dalam keadaan bekas.

“Sampai saat ini saya belum ada keberanian untuk membeli EV bekas. Dan sepengetahuan saya, showroom mobil bekas di Jakarta hanya beberapa yang berani ambil mobil listrik bekas,” ujarnya.

Kemudian Daniel Soegianto selaku pemilik showroom Auto High di kawasan Bintaro Tangerang Selatan menjelaskan bahwa pihaknya benar-benar selektif untuk membeli mobil listrik second hand.

“Kami membeli mobil listrik bekas tetap memperhatikan kondisi keseluruhan, battery health salah satunya sangat penting. Tapi kita memiliki pengalaman pernah claim baterai mobil listrik yang bermasalah dan klaimnya butuh waktu yang lama. Jadi walaupun ada garansi kalau baterai ada masalah lebih baik tidak beli,” jelasnya di kesempatan yang sama. (AW).

#mobil-listrik #mobil-bekas

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.