Goodyear Indonesia Hadirkan Ban Khusus Mobil Listrik

Penulis: Erie W. Adji
Jumat, 22 Maret 2024 14:35 WIB
Berita - Goodyear Indonesia Hadirkan Ban Khusus Mobil Listrik
Bagikan ke:
Dibuat secara spesifik memang untuk mobil tenaga listrik

OTODRIVER - Presiden Direktur Goodyear Indonesia, Iman Santoso, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan produk ban khusus untuk kendaraan listrik.

"Saat ini kita sedang menyiapkan produk khusus untuk kendaraan listrik, tentu kendaraan listrik kan jadi proyek masa depan buat hampir semua supplier otomotif. Ini menjadi salah satu fokusnya," ujar Iman di Jakarta pekan ini (19/3).

Iman mengatakan produk tersebut bernama “Electricdrive” dan akan dikhususkan untuk kendaraan listrik segmen atas. Ban yang sudah diluncurkan di luar negeri itu akan diperkenalkan di Indonesia pada sekitar Juli atau Agustus mendatang.

Diketahui, Goodyear juga merupakan pemasok ban untuk beberapa merek mobil listrik seperti Tesla dan VinFast. Dalam kesempatan tersebut Iman juga menjelaskan perbedaan antara ban mobil listrik dan konvensional, termasuk dari segi konstruksi hingga teknologi.

Ia mengatakan, sebagaimana dikutip dari Antara, kendaraan listrik memiliki bobot yang lebih besar, sehingga ban yang digunakan harus mampu menahan beban. Selain itu, kendaraan listrik tidak menghasilkan suara mesin, sehingga ban harus bekerja secara senyap.

Harga lebih mahal dibandingkan ban mobil konvensional

Ban kendaraan listrik harus dirancang untuk menghemat energi dengan sifat aerodinamis dan rolling resistance yang rendah. Torsi yang besar pada kendaraan listrik juga membuatnya lebih boros terhadap ban, sehingga ban kendaraan listrik harus awet.

Iman menjelaskan lagi bahwa harga ban kendaraan listrik jauh lebih mahal, sekitar 50 persen lebih tinggi dibandingkan ban konvensional.

"Karena saat ini ban yang bisa khusus untuk mobil listrik hanya beberapa merek saja. Mungkin nanti dengan banyaknya mobil listrik, skala ekonominya lebih banyak mungkin akan turun. Tetapi saat ini memang lebih mahal," pungkasnya. (EW)

 

#ev #ban #goodyear #khusus

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.