Eropa Rencanakan Kenaikan Pajak EV Asal China Hingga 45% Bulan Oktober Ini

Untuk membatasi populasi mobil listrik buatan China di Eropa. Pemerintah ingin memberikan peraturan baru terkait regulasi impor.
Penulis: Ahmad Biondi
Minggu, 6 Oktober 2024 06:00 WIB
Berita - Eropa Rencanakan Kenaikan Pajak EV Asal China Hingga 45% Bulan Oktober Ini

Ilustrasi Mobil listrik asal China

Bagikan ke:

OTODRIVER – Menjamurnya mobil listrik asal China di beberapa negara membuat Uni Eropa (UE) berencana untuk memberikan keputusan, akan mengenakan tarif sebesar 45 persen untuk kendaraan listrik impor buatan China pada 4 Oktober 2024. 

Seperti dilansir Reuters, Selasa (1/10/2024), negara-negara anggota UE telah menerima rancangan peraturan untuk tindakan yang diusulkan terkait impor kendaraan listrik asal China.

Meskipun begitu, pada tanggal yang telah ditentukan tersebut, peraturan masih dapat berubah.

Selain itu, masih berdasarkan laporan tersebut, pemungutan suara di antara negara-negara UE memang sedikit tertunda di tengah negosiasi menit-menit terakhir dengan beijing, untuk mencoba menemukan resolusi yang akan menghindari tarif impor baru itu.

Foto - Eropa Rencanakan Kenaikan Pajak EV Asal China Hingga 45% Bulan Oktober Ini
Ilustrasi pajak EV di Indonesia

Sementara itu, Komisi Eropa sendiri belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters, terkait laporan yang beredar.

Sebagai informasi, Komisi Eropa akan segera mengusulkan tarif akhir hingga 35,3 persen untuk kendaraan listrik yang dibuat di China, di samping bea masuk impor mobil standar Uni Eropa sebesar 10 persen.

Usulan bea masuk ini, akan menjadi final dengan dilakukan pemungutan suara oleh 27 anggota Uni Eropa.

Bea masuk tersebut, akan diterapkan pada akhir Oktober, kecuali jika mayoritas yang memenuhi syarat dari 15 anggota Uni Eropa yang mewakili 65 persen populasi memberikan suara untuk menentang tarif baru tersebut. (AB)

#mobil-listrik-china #byd #aion #chery #mobil-listrik-di-eropa #mobil-listrik-china-di-eropa #

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.