Tak Akan Ada Lagi Mesin Diesel Untuk Next Gen Toyota Fortuner. Benarkah Demikian?

Jika pewarta India mengatakan bahwa mesin diesel pada Fortuner akan dihapus, kami justru dapat informasi yang sebaliknya
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 5 Oktober 2024 17:37 WIB
Berita - Tak Akan Ada Lagi Mesin Diesel Untuk Next Gen Toyota Fortuner. Benarkah Demikian?

Foto : Otodriver

Bagikan ke:

OTODRIVER - Toyota Fortuner generasi selanjutnya dikabarkan tak akan menggunakan lagi mesin diesel untuk sumber tenaganya. Rushlane.com mengabarkan bahwa saat ini pihak Toyota tengah berupaya keras untuk memangkas karbon yang dihasilkan salah satunya yang berasal dari mesin diesel.

Menurut media asal India itu, The Three Ovals tengah mengembangkan mesin bensin turbo yang lebih efisien dan kuat. Dikatakan bahwa Hilux dan Fortuner jadi pertama yang mendapatkan mesin baru.

Mesin 2.0 liter Turbo itu merupakan mesin yang sama sekali baru, di mana kelak ia juga akan dikaryakan di ruang mesin MR2 dan Celica.

Dari sisi performance, mesin tersebut mampu menyemprot daya dan torsi berbeda yakni 300 hp dan torsi 400 Nm atau 400 hp dan torsi 549 Nm. Bahkan akan tersaji juga dengan muntahan 600 hp.

Walau demikian tidak jelas apakah mesin baru akan digunakan pada ke Hilux / Fortuner yang ada saat ini. Atau akan diperkenalkan dengan Hilux / Fortuner generasi berikutnya yang konon akan debut pada tahun 2025. 

Mengenai hal itu pun kami menanyakan langsung pada pihak Toyota Indonesia. Namun hingga berita ini diturunkan, mereka belum memberikan tanggapannya.

Namun kami justru mendapatkan informasi lain berkenaan dengan mesin Fortuner di masa datang.

“Justru yang kami dengar sebaliknya, beda dengan rumor dari India. Rencananya Fortuner justru akan menanggalkan mesin bensin dalam pilihan opsi mesinnya,” ungkap sumber yang enggan disebut identitasnya ini.

“2TR-FE akan dihilangkan dan hanya akan meninggalkan mesin 1GD-FTV dan 2GD-FTV,” sambungnya.

Ia pun meragukan informasi bahwasanya generasi mendatang Fortuner akan menggunakan mesin 2.0 Turbo tersebut. “Kabarnya saat ini Toyota memang sedang kembangkan mesin 2.0 liter dan 1.5 liter yang akan sangat efisien, tapi sepertinya hal itu masih jauh untuk diemplementasikan ke dalam produk dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Lalu manakah yang benar? Oke kita tunggu saja perkembangannya. (SS) 

#toyota #fortuner #fortuner-diesel

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.