Akhiri Tahun 2023, Dodge Charger dan Challenger Resmi Disuntik Mati

Akhiri Tahun 2023, Dodge Charger dan Challenger Resmi Disuntik Mati

OTODRIVER - Penghujung tahun 2023 menjadi batas akhir eksistensi ‘reborn american muscle car’ milik Pentastar yakni Dodge Changer dan Dodge Challenger.

Kedua mobil yang cukup diidolakan pada franchise “Fast and Fariuos” ini telah disuntik mati di fasilitas perakitan Stellantis di Bramtron, Ontario Kanada pada 22 Desember 2023 silam.

Dua hari sebelumnya, saudara seplatformnya yakni Chrysler 300C sudah terlebih dulu dimatikan.

Dikutip dari Car and Driver, versi final dari Charger adalah varian Scat Pack berkelir Destroyer Grey, sedangkan untuk Challenger adalah SRT Demon 170 berkelir Pitch Black.

Opsi mesin V8 menjadi bagian dari kisah perjalanan ketiga mobil seplatform itu. Duo Dodge memiliki mesin V8 terkuat yakni V8 6,2 liter supercharged  Hellcat yang mampu menghambur daya hingga 700 hp dengan suara lengkingan yang buas.

Khusus untuk Challenger terdapat Demon Package, di mana pada edisi penutupnya yakni Last Call Special Edition yang mengambil basis dari Challenger SRT Demon 170 yang punya daya 1.025 hp yang bisa mengasup ethanol E85.

Meskipun Chrysler 300C tidak pernah menerima treatment Hellcat apalagi Demon,  sedan 4 pintu ini tampil memukau dengan mesin HEMI 2023 300C 6,4 liter bertenaga 485 hp.

Selanjutnya Charger dan Challenger rumornya akan digabungkan menjadi satu model yakni Charger Daytona SRT yang juga akan dirakit di Kanada. Kemungkinan akan ada versi dua dan empat pintu, dan powertrain listrik akan digabungkan dengan inline-enam Hurricane terbaru dari Stellantis, yang menghasilkan hingga 510 tenaga kuda.

Beda kisah dengan Chrysler 300 yang benar-benar akan masuk kotak tanpa ada penggantinya.

Ketiga mobil ini menggunakan platform L dan Chrysler 300 muncul pertama kali pada 2005 dan langsung mendapat sambutan yang cukup baik.

Bodi bongsor dengan pengaruh desain klasik era 60-70an cukup kental yang dipadu dengan wajah ala Bentley nampaknya jadi resep yang cukup manjur khususnya pasar AS. Bahkan mantan presiden AS, Barrack Obama pernah tercatat sebagai penggunanya.

Chrysler 300 sudah disuntik duluan

Charger menyusul pada tahun 2006, dan Challenger hadir pada tahun 2008. Kedua mobil berpenggerak roda belakang langsung menggebrak dengan mesin V8 HEMI 5,7 liter. Pada masa facelift di 2015, duo Dodge ini mendapatkan mesin V8 6,2 liter Hellcat yang dilengkapi dengan supercharger.

Khusus untuk Challenger muncul Demon SRT pada 2017 yang punya superchager yang lebih besar dan punya daya puncak 808 hp.

Ketiga mobil ini dikatakan sebagai reborn American Muscle lantaran ketiganya hadir dengan menghidupkan model yang sudah ada sebelumnya. Khusus Charger dan Challenger diambil dari dua model muscle car di era 60 dan 70-a, sedangkan 300 diambil dari series mobil mewah berperforma tinggi milik Chrysler di era 50 hingga 70-an. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com