Tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle, Berjaya di Ajang Shell Eco-Marathon 2023 di Mandalika

Tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle, Berjaya di Ajang Shell Eco-Marathon 2023 di Mandalika

OTODRIVER - Kompetisi mobil hemat energi, Shell Eco Marathon 2023 telah digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, 4-9 Juli silam.

Tim Riset UI SMV (Universitas Indonesia Shell Eco Marathon Vehicle) dari Universitas Indonesia telah menunjukkan kesiapan mereka sebagai kompetitor terbaik untuk bersaing di level internasional.

Anak-anak The Yellow Jacket ini berhasil menciptakan sebuah mobil hemat energi yang menggabungkan desain aerodinamis yang mumpuni dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Dikutip dari siaran resminya, satu dari dua mobil unggulan dari tim UI SMV yang akan bersaing dalam kompetisi ini adalah Arjuna.

Mobil ini dirancang sedemikian rupa hingga desainnya dapat sekecil mungkin untuk hambatan udara (drag coeficient) seefisien mungkin.

Desain aerodinamis Arjuna mencapai cukup baik sehingga dapat memberikan keuntungan dalam efisiensi energi sehingga mengantarkan Tim UI menjadi salah satu finalis dalam kelas Urban Electric pada ajang Shell Eco-Marathon 2023. 

Selain itu Arjuna juga dilengkapi dengan sistem propulsi dan transmisi yang dirancang khusus untuk mencapai efisiensi yang maksimal.

Tim UI SMV telah melakukan riset dan uji coba terus-menerus untuk memastikan bahwa setiap komponen dan sistem kendaraan ini berfungsi dengan seoptimal mungkin, menghasilkan kendaraan yang sangat efisien dalam penggunaan energi.

Mobil Arjuna dari tim UI SMV

Pada ajang ini tim mahasiswa UI ini terus berinovasi dan melakukan peningkatan pada mobil Arjuna. Mereka menggunakan teknologi modern dan perangkat lunak terbaru untuk mempercepat proses riset dan mengoptimalkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.

Dedikasi tim dalam mengaplikasikan teknologi modern ini memungkinkan mereka untuk melampaui batasan dan menciptakan kendaraan hemat energi kelas dunia.

Prestasi yang berhasil diraih ini membawa tim UI SMV dalam ajang kompetisi Driver World Championship Shell Eco Marathon 2023 yang akan bertempat di Bangalore, India. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com