Mobil Listrik Universitas Indonesia Incar Juara Bergengsi EV Internasional

Tim Arjuna UI ambisi menangkan lagi kejuaraan EV dunia
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Selasa, 21 Mei 2024 12:40 WIB
Berita - Mobil Listrik Universitas Indonesia Incar Juara Bergengsi EV Internasional
Bagikan ke:

OTODRIVER - Universitas Indonesia (UI) patut berbangga dengan tim UI Supermileage Vehicle (UI SMV) mereka yang telah melahirkan mobil listrik inovatif bernama Arjuna.
Sejak debutnya di tahun 2018, Arjuna terus berkembang dan menyempurnakan diri, menjadikannya salah satu kendaraan hemat energi yang diklaim paling terdepan di Indonesia.

Pada dasarnya struktur Arjuna mengandalkan bodi serat karbon yang ringan. Ini adalah kunci utama kelincahannya. Sedangkan untuk motor listrik yang dikendalikan oleh controller buatan sendiri, menunjukkan kemampuan tim UI SMV dalam merancang dan memproduksi komponen vital secara mandiri.

Penampilan Arjuna terinspirasi dari tampak samping burung elang yang sedang terbang, melambangkan kecepatan, efisiensi, dan ketangguhan. Pada versi terbaru Arjuna ini ia dengan body baru yang lebih rigid, koefisien drag (CD) dan koefisien lift (FD) yang lebih minim, dan handling yang semakin stabil.

Dengan berbagai asupan teknologi dan didukung oleh kreatifitas, Arjuna mampu mengukir prestasi di berbagai kompetisi bergengsi, seperti Shell Eco-Marathon Asia dan Kontes Mobil Hemat Energi.

Foto - Mobil Listrik Universitas Indonesia Incar Juara Bergengsi EV Internasional
Tim Arjuna lengganan juara mobil EV

Salah satu pencapaian tertingginya adalah meraih Asian Best Records dengan catatan 194 km/kWh. Selain itu  Tim UI SMV berkesempatan menjadi salah satu yang mewakili Asia di Shell Drivers World Championship, sebuah kehormatan besar yang membuktikan keunggulan Arjuna di kancah global.

Arjuna tak hanya jadi jagoan kompetisi, namun juga tampil di berbagai event otomotif seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), menarik perhatian pengunjung dan media serta sarana edukasi.

Generasi terbaru dari Arjuna akan resmi diluncurkan di Balai Purnomo Universitas Indonesia. Grand launching ini menandai babak baru dalam perjalanan Arjuna dan tim SMV.

Di bawah kepemimpinan Zahran Mizuya dari Teknik Elektro, Arjuna siap melaju kencang menuju masa depan yang ramah lingkungan. Tim UI SMV optimis dapat meraih juara di Shell Eco-Marathon (SEM) dan regional championship, dan terus menginspirasi generasi muda untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan. (SS)

Foto - Mobil Listrik Universitas Indonesia Incar Juara Bergengsi EV Internasional
Tim Arjuna bersama seniornya, Fitra Eri dari Otodriver 

#universitas-indonesia #shell-marathon-eco-marathon-asia #tim-arjuna

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.