Shell Kembali Menggelar Kompetisi Mobil Hemat Energi, Kali Ini Pelaksanaannya di Mandalika

Penulis: Ahmad Biondi
Rabu, 12 Juni 2024 06:00 WIB
Berita - Shell Kembali Menggelar Kompetisi Mobil Hemat Energi, Kali Ini Pelaksanaannya di Mandalika
Bagikan ke:
Sirkuit Mandalika dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan mobil hemat energi yang digagas Shell.

OTODRIVER - Shell Indonesia mengumumkan penyelenggaraan Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 pada 2-6 Juli 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah kompetisi mobil hemat energi untuk ketiga kalinya sejak tahun 2022.

Lebih dari 80 tim pelajar dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah akan berpartisipasi dalam program berskala regional ini. Hingga Juni 2024, lebih dari 40 tim pelajar dari Indonesia telah terdaftar untuk mengikuti kompetisi ini. Mereka akan bertanding dengan tim lain yang berasal dari Arab Saudi, Brunei Darussalam, Filipina, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia, mengatakan, “Penyelenggaraan Shell Eco-marathon di Indonesia dalam tiga tahun terakhir merupakan upaya kami dalam memberdayakan generasi pemimpin energi untuk masa depan, termasuk para pelajar di tanah air. Program ini mewujudkan semangat generasi muda untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan teknologi yang dapat mendorong efisiensi. Hal ini diharapkan dapat menjawab tantangan energi di masa depan dan menghadirkan solusi transportasi yang inovatif.”

Foto - Shell Kembali Menggelar Kompetisi Mobil Hemat Energi, Kali Ini Pelaksanaannya di MandalikaTim dari UI dan UPI akan bersaing melawan tim dari berbagai negara Asia

Dua tim Indonesia, Tim Arjuna Universitas Indonesia (UI) dan Tim Bumi Siliwangi 2 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), akan kembali bertanding di Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East.

Berbekal posisi keempat regional championship tahun 2023, Tim Arjuna UI akan berkompetisi di kategori Urban Concept dengan subkategori baterai elektrik tahun ini. Tim Bumi Siliwangi 2 UPI, pemenang posisi ketiga untuk subkategori bahan bakar hidrogen pada kategori Prototype tahun 2023, akan kembali berlaga pada kategori yang sama pada bulan Juli mendatang.

Zahran Mizuya, Manager Tim Arjuna Universitas Indonesia, mengatakan, “Tim Arjuna Universitas Indonesia sudah melakukan persiapan yang maksimal agar menjadi juara di mileage challenge dan regional championship tahun 2024 ini. Kami akan membawa beberapa inovasi, di antaranya desain aerodinamik mobil baru serta peningkatan sistem propulsi dan sistem transmisi. Kami percaya bahwa pengembangan kami lakukan untuk Shell Eco-marathon ini nantinya juga dapat berkontribusi untuk transisi energi di Indonesia.”

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 memberikan kesempatan bagi tim pelajar untuk berkompetisi dalam kategori kendaraan Urban Concept dan Prototype. Adapun sumber energi yang digunakan dibagi menjadi tiga subkategori; yaitu mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (bensin, solar atau etanol), baterai elektrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 juga menggelar berbagai rangkaian acara (side events) dalam pemberdayaan generasi muda; yaitu Shell LiveWIRE (program pengembangan wirausaha muda di bidang energi), Shell NXplorers (program pendidikan untuk generasi muda tentang critical thinking dan creative problem solving), dan Shell Indonesia Women’s Network (program diskusi dan pemberdayaan para siswa dalam menggali potensi untuk masa depan).

Shell Eco-marathon program merupakan kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk merancang, membuat, dan menguji kendaraan hemat energi. Program ini menyatukan keahlian dan ide cemerlang dari mahasiswa seluruh dunia untuk menghadirkan solusi energi yang inovatif dan lebih bersih.

Selain itu, Shell Eco-marathon juga telah sukses menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku industri, hingga pecinta lingkungan untuk dapat berkumpul, bertukar ide, hingga mendorong inovasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. (AB)

#shell #eco-marathon

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.