Mazda CX-60 Bermesin 6 Silinder Inline Melenggang Tahun Ini di Indonesia?

Mazda justru mulai debut 6 inline saat mesin ini mulai ditinggalkan pabrikan dunia
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 3 Mei 2023 20:15 WIB
Berita - Mazda CX-60 Bermesin 6 Silinder Inline Melenggang Tahun Ini di Indonesia?
Bagikan ke:

Dalam acara Syawalan dengan awal media Rabu (03/05), pihak Mazda Indonesia  menyampaikan bahwa mereka akan memperkenalkan sebuah model baru dalam waktu dekat ini. 

“Kami akan memperkenalkan sesuatu yang baru dalam waktu dekat dan ini tentu ini model yang istimewa," tutur Pramita Sari, Marketing & Communications General Manager Eurokars Group Indonesia. Walau demikian pihak Mazda tidak secara spesifik dan mendetail menyebut modelnya.

Dugaan kami jatuh pada sosok CX-60 yang beberapa waktu silam sempat kami perbincangkan dengan pihak Mazda mengenai calon  model terbaru yang akan melenggang di Indonesia. Karenanya kita coba merefresh berbagai hal mengenai mobil tersebut.

Dalam sebuah perjumpaan beberapa bulan sebelumnya, pihak Mazda Indonesia pernah mengatakan bahwa CX-60 akan segera melenggang di Tanah Air. 

“Saat itu juga kami juga akan fokus hadirkan hybrid di Indonesia,” tutur Ricky Thio, Managing Director at Eurokars Group Indonesia and President Director at Mazda Indonesia Director  pada saat itu. 

Bahkan lebih spesifik, Ricky mengatakan bahwa model yang akan dibawa adalah mesin 3.0 liter 6 inline  yang dibekali dengan teknologi mild hybrid.

Berdasarkan data yang ada, pabrikan asal Hiroshima ini bahkan punya banyak opsi mesin 6 silinder inline untuk diletakkan di dalam engine bay Mazda CX-60.

Dua mesin bensin yakni 3.0 liter e-Skyactiv X mild hybrid dan 3.3 liter Skyactive-G turbo hadir dalam engine bay yang panjang. Selain Mazda juga akan menyiapkan dua mesin diesel 6 inline untuk model ini yakni 3.3 liter Skyactive-DT3-VPTS Turbo dan 3.3 liter e-Skyactiv D Te-VPTS turbo (mild hybrid) untuk CX-60.

Lebih jauh lagi ‘si mancung’ CX-60 ini juga akan mendapatkan opsi mesin 4 silinder inline yakni 2.5 L Skyactiv-G PY-VPS dan 2.5 L e-Skyactiv PHEV I4 (PHEV).

Apabila Mazda CX-60 melenggang di Indonesia maka ia akan menjadi cukup eksotis karena hanya sedikit brand yang masih menggunakan mesin ini dan pada umumnya mereka bermain di segmen premium.

Bukan tidak mungkin kehadiran model 6 inline ini semakin memperkuat citra Mazda sebagai yang mulai berfokusb pada kelas premium.

Kita lihat saja nanti.

#mazda-cx-60 #6-inline #kodo

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.