Kenapa Hanya Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV yang Mendapat Bantuan Subsidi?

Kenapa Hanya Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV yang Mendapat Bantuan Subsidi?

Dalam pengumuman kebijakan bantuan subsidi yang diberikan pemerintah, terdapat dua produsen mobil yang menerimanya, yaitu Hyundai dengan Ioniq 5 dan Wuling bersama Air EV.

Jumlah mobil lsitrik yang diberikan bantuan sebanyak 35.900 unit. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga menyebutkan tidak semua mobil listrik yang mendapat bantuan.

"Untuk kendaraan roda empat atau mobil sekarang ada 2 produsen Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV itu kami usulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan yang sudah melakukan produksi di dalam negeri," papar Agus dalam konfersi pers Bantuan Subsidi Kendaraan listri yang disiarkan secara daring, Senin (6/3).

Bukan tanpa alasan kenapa hanya dua model itu yang saat ini mendapat subsidi. Sebab, motor maupun mobil listrik yang mendapat bantuan pemerintah itu harus diproduksi di Indonesia dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%.

"Produsen harus mendaftarkan jenis kendaraan yang telah memenuhi nilai TKDN 40% yang disyaratkan dalam sistem," ujar Agus.

Wuling Air ev merupakan mobil listrik yang diproduksi lokal di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat dengan mengantongi komponen lokal atau TKDN sekitar 40,04 persen.

Begitu juga dengan Hyundai Ioniq 5 mendapatkan bantuan subsidi kendaraan listrik. Karena, juga diproduksi lokal di pabrik Hyundai Cikarang, Jawa Barat dengan TKDN 40 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com