Holden Torana Ini Jadi Tonggak Sejarah  Perusahaan Taksi Terbesar di Indonesia

Holden Torana Ini Jadi Tonggak Sejarah Perusahaan Taksi Terbesar di Indonesia

OTODRIVER - Holden Torana merupakan mobil pertama yang dijadikan sebagai armada taksi Bluebird. Unit yang digunakan sebagai taksi pertama Bluebird ini diproduksi tahun 1971.

Sigit Priawan Djokosoetono yang sekarang menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Bluebird, pernah mengunggah Torana dalam akun media sosialnya. Ia menyebutnya sebagai saksi bisu dari perjalanan Bluebird Group selama lebih dari 51 tahun lamanya.

Mobil ini dapat dilihat di kantor pusat Bluebird di Mampang. Holden Torana itu pun direstorasi ulang seperti saat 51 silam lengkap dengan logo dan nama Blue Bird yang dipisah. Sedikit info mengenai nama taksi biru ini, pada 2018 silam nama Blue Bird resmi diganti menjadi Bluebird. 

"Inilah taksi pertama @bluebirdgroup yang beroperasi di tahun 1972. Kalau mampir ke kantor pusat Bluebird di mampang, jangan lupa foto bersama mobil legendaris ini ya," ujar Sigit dalam unggahannya.

Torana mobil pertama Bluebird di 1972

Diketahui, Bluebird memesan 25 unit Holden Torana 1972 sebagai armadanya ketika pertama kali beroperasi.

Taksi ini produksi pabrikan otomotif Holden, anak perusahaan General Motors di  Australia .

Untuk mesinnya, memiliki kapasitas 2.834 cc dilengkapi watercooled 4-stroke yang mampu menghasilkan tenaga 118 bhp pada putaran mesin 4.400 rpm dan torsi 226,8 Nm di 2.000 rpm. 

Holden LC Torana bermesin 6 silinder inline

Dari segi penampilan, lampu utamanya bulat dan sisi kiri-kanan grille yang menjorok ke dalam menguatkan karakter sebagai mobil Amerika. Mobil ini juga belum dilengkapi power steering dan AC.

Bahkan untuk sistem hitung ongkos berdasarkan kilometer masih menggunakan alat mekanis.

Meskipun mobil tua, masih memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga terlihat pelat nomornya B 72 BBG yang berlaku hingga Oktober 2027.

Otodriver juga melihat pajak STNK mobil pertama Bluebird ini yang bernilai Rp 10.750.500. Adapun rincian pajak tersebut terdiri dari PKB 307.500, SWDKLLJ Rp 143.000, Biaya Administrasi STNK Rp 200.000, dan Biaya Administrasi TNKB Rp 10.100.000. (GIN)

Interior LC Torana milik Bluebird
Tampang belakang Torana Generasi II

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com