Fakta Menarik, Mobil Listrik Masih Bisa Jalan Hingga 8 KM Meski Baterai 0%

Fakta Menarik, Mobil Listrik Masih Bisa Jalan Hingga 8 KM Meski Baterai 0%

OTODRIVER - Banyak yang belum tahu bahwa mobil listrik nyatanya bisa berjalan meskipun baterai sudah dalam kondisi 0%.

Seperti halnya mobil konvensional yang bisa berjalan meski indikator bensin sudah menunjukan empty.

Faktanya menurut Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), kalau baterai itu sudah sampai nol persen, kira-kira dia masih bisa jalan 3-8 km tergantung dari gaya mengemudi, cuaca, kondisi mobil.

Daya tempuh itu datangnya dari sisa energi di modul baterai yang memang disiapkan hanya jika mencapai status darurat. Besar energi cadangan ini dikatakan setidaknya 1 kWh.

"Kalau berdasarkan owner manual, 1 atau 2 kWh," tambah Bonar.

Kondisi 0% diyakini tetap bisa berjalan

Konsumen disarankan tak berkendara hingga baterai nol persen. Mestinya bila baterai sudah setidaknya 20 persen maka pengecasan perlu segera dilakukan.

Sebelum mencapai nol persen Ioniq 5 akan mengeluarkan berbagai peringatan pada pengemudi. Bonar menyebut bakal muncul peringatan di instrument cluster setelah baterai mencapai 10 persen. Pada kondisi ini mobil cuma bisa dipakai 30-50 km.

Saat tiba di level nol persen Bonar menyebut bakal muncul logo kura-kura di instrument cluster.

"Kembali lagi tergantung gaya mengemudi, tetapi begitu nol persen warning-nya, bahasanya lebih keras. Tadinya cuma bilang 'low power' begitu sudah nol persen jadi 'power limited, charged immidiately', itu sudah kode keras," ujarnya. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com