All New Toyota Alphard dan Vellfire Meluncur Bareng. Pertama Kali Gunakan Platform TNGA

All New Toyota Alphard dan Vellfire Meluncur Bareng. Pertama Kali Gunakan Platform TNGA

Toyota City, OTODRIVER, Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi diluncurkan. Kedua MPV mewah ini untuk pertama kalinya beralih menggunakan platform andalan terbaru dari Three Oval yakni TNGA (Toyota New Global Architechture). Mereka dibangun di atas platform TNGA-K yang merupakan platform unibody untuk mobil berukuran menengah hingga fullsize. Platform TNGA-K ini sebelumnya sudah ditemui pada Toyota Highlander, Toyota Camry dan lain sebagainya.

Dikutip dari Toyota newsroom, perubahan besar terjadi hampir di semua lini. Kini desain facia antara keduanya nampak semakin ramping. Keduanya menghilangkan hiasaan krom tradisional dan menggantikannya dengan black chrome. Walau demikian Toyota memberikan torehan desain yang secara lugas membedakan di mana Alphard memiliki desain yang lebih anggun, sementara Vellfire lebih sporty.

Dari sisi samping tampak model desain baru, di mana gaya desain lama dengan ciri pintu bergaris tebal pada pintu penumpang telah ditanggalkan. Sebagai gantinya Toyota memberikan desain yang berbentuk seperti gulungan ombak yang puncaknya tepat berada pada sambungan pintu depan dan belakang.

Dari sisi interior keduanya memiliki sajian yang hampir sama. Desainnya terlihat lebih simple dengan sebuah layar besar pada bagian dasbor tengah.

Super-Long Overhead Console pada Alphard Excecutive Lounge

Area penumpang belakang didisain ulang di mana Toyota memasangkan sesuatu yang disebut dengan Super-Long Overhead Console. Pada bagian ini nampak terdapat kisi-kisi AC, lampu dan penyimpanan tambahan yang terintegrasi.

Semua varian mendapatkan bangku ottoman yang hadir dengan kenyamanan power-sliding otoman (pertama di dunia, kata Toyota).

Toyota mengatakan bahwa sasis keduanya kini lebih kaku dan lebih kedap dari sebelumnya. Pabrikan Jepang ini mengatakan bahwa kabin menjadi lebih senyap dan getaran berkurang hingga 30%.

MPV ningrat ini dilengkapi dengan berbagai sistem bantuan mengemudi aktif Toyota Safety Sense yang dibekali dengan fitur Proactive Driving Assist yang berfungsi sebagai kemudi prediktif saat berpindah jalur dan memiliki kemampuan memperlambat diri saat berbelok di persimpangan. Fitur baru lainnya adalah parkir jarak jauh yang sangat berguna saat van ini diparkir di tempat yang sempit dan ini merupakan pertama kalinya dijejalkan pada model ini.

Terdapat dua pilihan mesin yakni 2.4 liter turbo yang sama dengan milik Lexus RX 350. Belum terdapat berapa outputnya, namun bercermin dari RX 350,mampu merangkai daya 260 hingga 270 hp.

Opsi kedua adalah mesin 2.5 liter hybrid yang punya output total sebesar 248 hp.

Toyota Aphard hadir dalam pilihan trim Alphard Z , Alphard Executive Longue dan Alphard G. Sedangkan untuk Vellfire tersedia Vellfire Z Premiere dan Vellfire Executive Lounge.

Lalu bagaimana dengan Indonesia. Informasi yang kami dapat Indonesia bakal menikmati generasi terbaru ini, hanya saja belum diketahui tipe apa saja yang akan hadir dan kapan mobil ini akan sampai di tanah air. (SS)

Toyota Vellfire

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com